Pengaruh Intercultural Sensitivity dan iklim organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior karyawan (Studi pada karyawan Indonesia yang bekerja di salah satu perusahaan Jepang-Indonesia

Anastasia, Maria (2009) Pengaruh Intercultural Sensitivity dan iklim organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior karyawan (Studi pada karyawan Indonesia yang bekerja di salah satu perusahaan Jepang-Indonesia. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
5.pdf

Download (44kB)

Abstract

OCB merupakan salah satu perilaku organisasi yang bersifat positif. Perilaku ini bersifat sukarela dan sangat mendukung efektivitas serta efisiensi kerja organisasi. Perilaku kewargaan ini memiliki kesamaan dengan budaya kerja bangsa Jepang. Penelitian ini bertujuan mempelajari pengaruh Intercultural Sensitivity sebagai faktor individual terhadap Organizational Citizenship Behavior baik secara langsung maupun melalui iklim organisasi sebagai interverning variable dalam lingkungan kerja lintas budaya. Subyek dalam penelitian ini adalah 45 orang karyawan Indonesia yang bekerja di perusahaan Jepang-Indonesia yang memiliki interaksi kerja dengan staff Jepang. Uji pengaruh dilakukan dengan metode Simple Regression dan uji analisis jalur. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Intercultural Sensitivity berpengaruh langsung terhadap Organizational Citizenship Behavior. Akan tetapi, tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari Intercultural Sensitivity terhadap iklim organisasi. Dengan demikian Intercultural Sensitivity tidak mempengaruhi Organizational Citizenship Behavior melalui iklim organisasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Organizational Citizenship Behavior, Intercultural Sensitivity, Iklim
Subjects: Thesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: PSI PSIKOLOGI ADMIN
Date Deposited: 07 Feb 2019 02:31
Last Modified: 07 Feb 2019 02:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/10300

Actions (login required)

View Item View Item