Efektivitas metode floor time untuk meningkatkan interaksi sosial yang berkaitan dengan atensi dan keakraban pada anak usia dini yang mengalami autisme

Anastasia, Wanda (2010) Efektivitas metode floor time untuk meningkatkan interaksi sosial yang berkaitan dengan atensi dan keakraban pada anak usia dini yang mengalami autisme. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
BAB I-V-rev.pdf

Download (77kB)

Abstract

"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode floor time dalam meningkatkan interaksi sosial yang berkaitan dengan atensi dan keakraban pada anak usia dini yang mengalami autisme. Indikator atensi dalam penelitian ini adalah intensitas kontak mata yang ditunjukkan dan rentang perhatian serta konsentrasi terhadap aktivitas/tugas yang sedang dilakukan. Sedangkan indikator keakraban dalam penelitian ini adalah adanya afeksi atau respon yang ditunjukkan oleh anak dan minat untuk berinteraksi dengan orang lain, seperti tersenyum atau tertawa ketika diajak bicara atau bermain bersama, berpelukan, memberi respon atau menoleh ketika dipanggil, dan menanggapi tawaran. Floor time adalah suatu aktivitas bermain bersama anak di lantai, yang berlangsung sekitar 20 – 30 menit. Metode ini merupakan kegiatan bermain interaktif yang spontan dan menyenangkan bagi anak dan bertujuan mengembangkan interaksi dan komunikasi anak. Subyek dalam penelitian ini adalah anak usia dini yang mengalami autisme yang berjumlah 2 orang. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan metode floor time efektif untuk meningkatkan interaksi sosial yang berkaitan dengan atensi dan keakraban pada anak usia dini yang mengalami autisme. "

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Anak usia dini, autisme, interaksi sosial (atensi dan keakraban), metode floor time.
Subjects: Thesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: PSI PSIKOLOGI ADMIN
Date Deposited: 07 Feb 2019 04:39
Last Modified: 07 Feb 2019 04:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/10354

Actions (login required)

View Item View Item