STRATEGI MINIMASIWASTEALUMUNIUM FOIL PADA PROSES PENGEMASAN SUSU KENTAL MA NIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN SIX SIGMA(STUDI KASUS: PTX)

Saryatmo Agung, Mohammad and Salomon, Laricha and Dayana, Ribka (2015) STRATEGI MINIMASIWASTEALUMUNIUM FOIL PADA PROSES PENGEMASAN SUSU KENTAL MA NIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN SIX SIGMA(STUDI KASUS: PTX). Karya Ilmiah Dosen, 05 (17).

[img] Text
2481-5340-1-PB.pdf - Published Version

Download (688kB)

Abstract

Industri berkembang kian pesat dari tahun ke tahun seiring perkembangan jaman dan menawarkan sejumlah produknya yang tentu telah sesuai dengan kebutuhan konsumen yang memiliki kualitas terjamin, baik dari segi harga yaitu dengan menekan biaya produksi agar tidak membebani konsumen maupun dari segi produk sehingga mampu bersaing dengan produk pesaingnya. PT X adalah salah satu industri susu terbesar di Indonesia, yang salah satunya memproduksi susu kental manis. Dalam memasarkan produknya tentu PT X menyadari adanya kekurangan karena pesaing pun semakin banyak dipasaran. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai strategi untuk meminimasi pemborosan alumunium foil dengan menggunakan Lean Six Sigma. Lean Six Sigma didefinisikan sebagai suatu pendekatan sistemik dan sistematik untuk mengidentifikasi dan menghilangkan pemborosan (waste) melalui peningkatan terus-menerus secara radikal.Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli-November tahun 2014. Jenis data yang digunakan, yaitu data primer dan sekunder, yang bersumber dari wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil pengolahan data didapat tingkat sigma sebesar 2.61 sigma dan % waste3,6597222%. Berdasarkan hasil Failure Mode and Effects Analysis (FMEA)ranking tertinggi berada pada scrap foil kosong dan isi. Setelah dilakukan implementasi pada proses pengemasan selama 10 hari didapat peningkatan nilai sigma sebesar 3.45 sigma dan penurunan % cacat menjadi 2,2486111%.

Item Type: Article
Subjects: Karya Ilmiah Dosen > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 24 Mar 2017 08:34
Last Modified: 24 Mar 2017 08:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/104

Actions (login required)

View Item View Item