Efektivitas Cognitive Behavior Therapy dalam mengatasi Binge Eating Disorder pada perempuan dewasa muda yang mengalami obesitas

Suzanti, Suzanti (2012) Efektivitas Cognitive Behavior Therapy dalam mengatasi Binge Eating Disorder pada perempuan dewasa muda yang mengalami obesitas. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
T219.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas cognitive behavior therapy (CBT) dalam mengatasi binge eating disorder (BED) pada perempuan dewasa muda yang mengalami obesitas. BED secara signifikan lebih mungkin terjadi pada perempuan dengan sebagian onset pertama terjadi pada usia awal masa dewasa. Selain itu, BED terkait erat dengan obesitas dengan dampak yang merugikan. CBT dianggap sebagai salah satu pilihan untuk mengatasi BED. Penelitian ini dilakukan terhadap dua orang partisipan perempuan dewasa muda yang mengalami obesitas dan BED. Keduanya menjalani proses intervensi yang sama, dengan rancangan 8 sesi pertemuan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa CBT terbukti efektif dalam mengatasi BED pada kedua partisipan. Sebagai tambahan, motivasi intrinsik, dukungan sosial, peranan tugas rumah, jeda waktu antar sesi, dan berat badan partisipan juga cukup mempengaruhi efektivitas proses CBT yang diberikan kepada partisipan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: binge eating disorder, obesitas, cognitive behavior therapy
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 07 Feb 2019 07:52
Last Modified: 07 Feb 2019 07:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item View Item