Efektivitas psikoedukasi self-regulated learning untuk menurunkan adiksi game online (Penelitian dilakukan pada beberapa siswa SMPN X)

Melisa, Melisa (2015) Efektivitas psikoedukasi self-regulated learning untuk menurunkan adiksi game online (Penelitian dilakukan pada beberapa siswa SMPN X). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
355.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Individu yang mengalami game online addiction artinya individu merasa seakan-akan tidak ada hal lain yang ingin dikerjakan selain bermain game dan seolah-olah game ini adalah hidupnya. Oleh karena itu, siswa membutuhkan kemampuan self-regulated learning (SRL) yang baik dan bersikap proaktif, mencari informasi untuk membangun keterampilan dan menentukan strategi, memantau kemajuan belajar dan mengubah strategi saat mereka merasa strategi tersebut kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas psikoedukasi tentang self-regulated learning dalam menurunkan perilaku addicted terhadap game online. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa adalah siswa SMPN kelas delapan usia 12-14 tahun berjumlah subyek adalah 61 siswa. Desain penelitian quasi eksperimental dengan pendekatan bersifat kuantitatif. Berdasarkan hasil uji beda pencapaian pre dan post test adiksi pada game online didapatkan hasil t = -1,43, sig (p) = 0.16 > 0.05 hal ini berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pencapaian pada pre dan post test adiksi pada game online. Namun, hasil uji beda pencapaian pre dan post test SRL didapatkan hasil yaitu t = -3,76, sig (p) = 0.00<0.05 hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara pencapaian SRL pada kelompok pre dan post test. Kesimpulannya psikoedukasi SRL belum efektif dalam menurunkan adiksi terhadap game online walaupun demikian psikoedukasi SRL efektif meningkatkan kemampuan self-regulated learning pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Game online addiction, Self-Regulated Learning (SRL), Internet Addiction Disorder (IAD)
Subjects: Thesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: PSI PSIKOLOGI ADMIN
Date Deposited: 14 Feb 2019 03:26
Last Modified: 14 Feb 2019 03:26
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/10851

Actions (login required)

View Item View Item