Hubungan tipe kepribadian Big-Five dengan perilaku belanja impulsive pada remaja akhir putri

Muryadi, Felicia (2009) Hubungan tipe kepribadian Big-Five dengan perilaku belanja impulsive pada remaja akhir putri. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara tipe kepribadian big-five dengan perilaku belanja impulsif pada remaja akhir putri. Belanja impulsif adalah perilaku spontan, kurang terencana, muncul tiba-tiba sehingga sulit ditahan ketika berhadapan dengan produk disertai dengan perasaan senang, didominasi pula oleh aspek emosi dan umumnya pembelanjaan dilakukan pada barang-barang yang kurang penting. Tipe kepribadian big-five meliputi trait openness to experience, conscientiousness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism. Penelitian ini dilakukan pada remaja akhir putri yang berusia 18-21 tahun berjumlah 414 orang yang berlokasi di Jakarta dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang diperoleh dengan bantuan program SPSS versi 16.0 for mac. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya korelasi positif dan signifikan antara trait extraversion (r= 0,313, p< 0,05) dan neuroticism (r= 0,346, p< 0,05) dengan perilaku belanja impulsif. Didapat pula hasil yang berkorelasi negatif dan signifikan antara trait conscientiousness (r= -0,389, p< 0,05) dan agreeableness (r= -0,344, p< 0,05) dengan perilaku belanja impulsif. Pada trait openness to experience (r= 0,95, p> 0,05) dan trait kepribadian secara menyeluruh (r= 0,64, p> 0,05) tidak ada hubungan secara signifikan dengan perilaku belanja impulsif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 15 Feb 2019 06:25
Last Modified: 15 Feb 2019 07:06
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/10976

Actions (login required)

View Item View Item