Moderasi kepribadian ekstrovert introvert terhadap pengaruh self disclosure pada intimacy dalam hubungan kasih dewasa muda

Darsono, Meiriani (2010) Moderasi kepribadian ekstrovert introvert terhadap pengaruh self disclosure pada intimacy dalam hubungan kasih dewasa muda. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
73.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat moderasi kepribadian ekstrovert introvert pada pengaruh self-disclosure terhadap intimacy hubungan kasih dewasa muda. Kepribadian ekstrovert adalah suatu kecenderungan yang mengarahkan pikiran lebih banyak ke luar daripada ke dalam diri sendiri. Kepribadian introvert adalah kecenderungan untuk menarik diri dari kontak sosial. Minat dan perhatian individu lebih terfokus pada pikiran dan pengalamannya sendiri. Self-disclosure adalah proses untuk membuka informasi pribadi secara disadari dan bersifat signifikan dan umumnya informasi tersebut tidak diketahui oleh orang lain. Intimacy dalam sebuah hubungan dirasakan apabila suatu perilaku individu mendapat respon dari pasangannya atau individu lainnya dan membuat ia merasa dimengerti dan dihargai. Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang menggunakan metode kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang dibagikan kepada 192 responden. Kriteria responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasangan kekasih yang berumur antara 20-40 tahun. Hasil perhitungan ditunjukkan dengan signifikansi self-disclosure terhadap intimacy adalah 0.000. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara self-disclosure dan intimacy dalam hubungan kasih dewasa muda. Kemudian hasil perhitungan juga menunjukkan siginifikansi kepribadian ekstrovert introvert terhadap intimacy adalah 0.671. Hal ini berarti kepribadian ekstrovert introvert tidak memoderasi pengaruh self-disclosure terhadap intimacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : kepribadian ekstrovert introvert, self-disclosure, intimacy.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 28 Feb 2019 02:23
Last Modified: 28 Feb 2019 02:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/11313

Actions (login required)

View Item View Item