Analisis Strategi Pemberitaan isu-isu perempuan berkaitan dengan Kekerasan pada perempuan (studi kasus Magdalene sebagai media online)

Resita, Della (2019) Analisis Strategi Pemberitaan isu-isu perempuan berkaitan dengan Kekerasan pada perempuan (studi kasus Magdalene sebagai media online). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya media online yang beredar saat ini. Media online tersebut berdampak terhadap mudahnya komunikasi dan mendapatkan informasi. Perkembangan teknologi menjadi semakin canggih sehingga memudahkan manusia dalam mengakses media online. Seperti yang dibahas media alternatif memiliki perbedaan dengan media mainstream. Media alternatif memiliki memiliki cenderung bersifat non-comercial dan bertujuan melawan hegemoni serta membela kaum minoritas. Salah satu media alternatif adalah Magdalene sebagai media online. Magdalene adalah media online yang berdiri sejak 2013 hingga saat ini dengan berbasis website (www.magdalene.co). Magdalene membahas mengenai isu perempuan, LGBT, kesetaraan, relationship, dating, dsb. Strategi pemberitaan adalah bagian dari taktik atau cara serta tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan suatu hasil yang ingin dicapai dan berhasil. Magdalene memerlukan strategi pemberitaan tersebut agar mampu bertahan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh Magdalene sebagai media alternatif mengenai isu kekerasan terhadap perempuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemberitaan apa saja yang dilakukan oleh Magdalene sebagai media online mampu diterima dan memiliki pembaca. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah Magdalene sebagai media alternatif dan objek penelitian adalah strategi pemberitaan yang dilakukan oleh Magdalene. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara kepada para informan dan studi kepustakaan. Keabsahan data dilakukan berdasarakan triangulasi data, sumber dan waktu. Hasil dari penelitian ini adalah Magdalene melakukan strategi pemberitaan dengan cara membuat konten, menampilkan tampilan website yang lebih menarik dengan cara menambahkan foto, gambar ilustrasi,video, teks dengan panjang sekitar 10-15 paragraf, penggunaan bahasa populer agar pembaca jadi lebih tertarik untuk membaca. Magdalene juga melakukan branding kepada lembaga luar agar lebih dikenal dan melakukan promosi melalui media sosial untuk menarik pembaca dan memperkenalkan Magdalene. Magdalene juga ikut mengajak dan berpartisipasi dengan komunitas lain dengan tujuan memperluas relasi dan kerja sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media alternatif, strategi pemberitaan, media online
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 25 Apr 2019 08:00
Last Modified: 25 Apr 2019 08:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/11989

Actions (login required)

View Item View Item