KOMUNIKASI INTERAKSIONISME SIMBOLIK ANTARA PEKERJA TUNARUNGU DENGAN TAMU (Studi Komunikasi di Kafe Kopi Tuli Depok)

MAILINDA, MAILINDA (2019) KOMUNIKASI INTERAKSIONISME SIMBOLIK ANTARA PEKERJA TUNARUNGU DENGAN TAMU (Studi Komunikasi di Kafe Kopi Tuli Depok). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komunikasi interaksionisme simbolik yang berupa bahasa isyarat merupakan bentuk komunikasi tunarungu atau penyandang disabilitas tuli untuk memudahkan dalam menyampaikan pesan kepada orang lain dan berinteraksi dengan lingkungannya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interaksionisme simbolik antara pekerja tunarungu dengan tamu di kafe Kopi Tuli Depok dan untuk mengetahui cara pekerja tunarungu mengatasi kendala dalam berkomunikasi dengan tamu di kafe Kopi Tuli Depok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, komunikasi antarpersonal dan komunikasi interaksionisme simbolik. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus melalui pendekatan kualitatif secara deskriptif. Data yang akan dianalisis diperoleh dari hasil wawancara dengan empat orang narasumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah komunikasi interaksionisme simbolik antara pekerja tunarungu dengan tamu di kafe Kopi Tuli Depok merupakan bahasa isyarat sebagai bentuk komunikasi antara pekerja tunarungu dengan tamu dan membuat penyandang disabilitas tuli yang datang merasa nyaman dalam berkomunikasi dan berinteraksi. Interaksi dengan isyarat merupakan simbol-simbol dalam menyampaikan pesan kepada orang lain. Pekerja tunarungu akan menjelaskan secara verbal ketika tamu tidak mengerti bahasa isyarat dan tidak bisa menggunakan bahasa isyarat. Tamu dapat langsung menunjuk gambar pada menu sesuai keinginan atau memberikan tulisan kepada pekerja tunarungu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interaksionisme Simbolik, Bahasa Isyarat, Pekerja Tunarungu dan Tamu (D) DAFTAR PUSTAKA: 19 (1983-2017), 4 sumber onlin
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 25 Apr 2019 09:15
Last Modified: 25 Apr 2019 09:15
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/11998

Actions (login required)

View Item View Item