PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA DAN STANDARD PENUGASAN BAGIAN PENGEPAKAN PADA PT X DENGAN METODA LINI KESEIMBANGAN KILBRIDGE DAN WESTER

Sukania, I Wayan PENENTUAN JUMLAH TENAGA KERJA DAN STANDARD PENUGASAN BAGIAN PENGEPAKAN PADA PT X DENGAN METODA LINI KESEIMBANGAN KILBRIDGE DAN WESTER. Karya Ilmiah Dosen.

[img] Text
1555-3429-2-PB.pdf - Published Version

Download (283kB)

Abstract

Bagian pengepakan pada PT.X merupakan akhir dari proses produksi perusahaan sebelum produk akhir sampai ke tangan konsumen. Bagian pengepakan tidak memiliki operator tetap tapi hanya terdiri dari beberapa tenaga kerja harian yang tingkat loyalitas yang rendah. Pihak perusahaan berencana untuk mengangkat beberapa tenaga harian menjadi karyawan tetap tetapi masalah yang muncul kemudian adalah tidak ada standard acuan berapa jumlah tenaga pengepakan yang harus dimiliki perusahaan dan standard tugas yang harus mereka kerjakan. Selanjutnya diperlukan langkah pengidentifikasian aktivitas dan kebergantungan diantara aktivitas-aktivitas tersebut, serta perhitungan lamanya penyelesaian aktivitas tersebut yang dipergunakan dalam penyeimbangan penugasan dan tanggung jawab kepada operator bagian pengepakan.Data yang dikumpulkan adalah waktu baku tiap aktivitas yang dilakukan oleh Bagian Pengepakan, waktu produksi per hari dan berapa shift yang akan dijalankan, jumlah produk yang diminta oleh konsumen tahun in (target permintaan)i. Hasil akhir yang diharapkan dari perhitungan jumlah stasiun kerja adalah jumlah karyawan dan jumlah output yang akan dihasilkan dengan jumlah tenaga kerja yang baru tersebut. Keuntungan yang lainnya adalah jumlah tenaga kerja yang baru dapat memenuhi rencana produksi perusahaan atau target permintaan.

Item Type: Article
Subjects: Karya Ilmiah Dosen > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 24 Mar 2017 09:17
Last Modified: 24 Mar 2017 09:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item