KONSTRUKSI REALITAS KEHIDUPAN DI DALAM VIDEO KLIP LAGU TONG HUA

CLARANITA, TIVANNY (2019) KONSTRUKSI REALITAS KEHIDUPAN DI DALAM VIDEO KLIP LAGU TONG HUA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Video klip lagu merupakan salah satu bentuk dari media Audio Visual Aids (AVA) yang terdiri dari gambar dan lirik. Pada umumnya, lagu berisi pesan-pesan yang berkaitan dengan realitas. Melalui lagu Mandarin ?Tong Hua? (Dongeng), sebuah realitas dikonstruksi. Dongeng dapat dipahami sebagai cerita yang tidak benar-benar terjadi dan tidak masuk akal. Jika mendengar kata ?dongeng? tak jarang manusia akan membayangkan kehidupan yang bahagia di dalam sebuah kerajaan. Lantas, dalam realitas kehidupan sering terjadi hal-hal yang tidak membahagiakan. Demikian, penelitian ini bertujuan untuk meneliti lebih dalam terkait makna realitas kehidupan manusia dan bagaimana mengkonstruksinya. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa teori yang relevan, seperti konstuksi realitas kehidupan, dan semiotika. Dengan menggunakan acuan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode semiotika Roland Barthes untuk mengkaji makna denotasi, konotasi, dan mitos. Melalui penelitian ini, melahirkan nilai objektivitas dan subjektivitas, serta ditemukan makna yang berkaitan dengan realitas dan dapat disimpulkan bahwa kebahagiaan bukan merupakan sebuah realitas, melainkan subjektivitas dan untuk membangun kebahagiaan menjadi realitas membutuhkan proses internalisasi yang sangat panjang. Proses tersebut mencakup tindakan-tindakan non verbal serta mitos dan budaya nilai tradisional untuk membuktikan bahwa manusia dapat hidup bahagia jika percaya dan bekerja keras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Video Klip Lagu, Media Audio Visual Aids, Dongeng, Konstruksi, Realitas Kehidupan, Semiotika (E) Daftar Pustaka: Buku 18, Skripsi 3, Online 15 (2007-2018)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 25 Apr 2019 09:25
Last Modified: 25 Apr 2019 09:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12004

Actions (login required)

View Item View Item