Pengaruh pengetahuan dan kompleksitas aturan pajak terhadap kepatuhan pajak dengan keadilan pajak sebagai variabel mediasi (Studi empiris pada WPOP kegiatan usaha dan / atau pekerja bebas di tangerang) /Vanie

Vanie, Vanie (2019) Pengaruh pengetahuan dan kompleksitas aturan pajak terhadap kepatuhan pajak dengan keadilan pajak sebagai variabel mediasi (Studi empiris pada WPOP kegiatan usaha dan / atau pekerja bebas di tangerang) /Vanie. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Vanie 127161004 Judul Abstrak.pdf

Download (108kB)

Abstract

Rendahnya kepatuhan wajib pajak menjadi masalah penting yang dihadapi pemerintah indonesia saat ini. Rendahnya tingkat kepatuhan tersebut dapat dilihat dari hasil program pengampunan pajak yang tidak memenuhi target, dan jumlah wajib pajak yang menyampaikan SPT (Surat pemberitahuan). Ada banyak faktor yang mempengaruhi kepatuhan pajak, seperti pengetahuan pajak, kompleksitas pajak dan keadilan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan pajak, kompleksitas aturan pajak dan keadilan pajak terhadap kepattuhan pajak serta menguji peran mediasi keadilan pajak terhadap hubungan pengetahuan dan kompleksitas aturan pajak ke kepatuhan wajib pajak orang pribadi di daerah Tanggerang raya. Peran mediasi dilihat melalui pengaruh tidak langsung hubungan antara pengetahuan pajak dan kompleksita aturan pajak terhadap kepatuhan pajak. Data penelitian merupakan data primer yang didapatkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang wajib pajak orang pribadi di wilayah Taggerang. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling, dimana wajib pajak terpilih merupakan wajib pajak orang pribadi yang memiliki NPWP dan berprofesi sebagai pekerja bebas dan/atau wiraswasta. Analisa data diolah menggunakan metode PLS-SEM (Partial Least Square-Structural Equaion Model) yang diuji menggunakan sofware SmartPLS 3.2.7. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1)pengtahuan pajak berpengaruh posistif dan signifikan terhadap keadilan pajak; (2) komplekstias atura pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keadilan pajak; (3) keadilan pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan pajak; (4) pengetahuan pajak berpengaruh positir dan signifikan terhadap kepatuhan pajak; (5) kompleksitas aturan tidak berpengaruh signifika terhadap kepatuhan pajak; (6) keadilan pajak memediasi hubungan pengetahuan pajak dan kepatuhan pajak; dan(7) keadilan pajak memediasi hubungan kompleksitas aturan pajak dan kepatuhan pajak secara penuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 26 Apr 2019 06:24
Last Modified: 21 Apr 2021 03:37
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12049

Actions (login required)

View Item View Item