STUDI KESENJANGAN MOTIF DAN KEPUASAN FOLLOWERS DALAM MENGIKUTI AKUN @TMCPOLDAMETRO DI INSTAGRAM

NATHANIA, NATHANIA (2019) STUDI KESENJANGAN MOTIF DAN KEPUASAN FOLLOWERS DALAM MENGIKUTI AKUN @TMCPOLDAMETRO DI INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya merupakan salah satu bagian yang penting dalam mendistribusikan informasi mengenai kondisi lalu lintas kepada masyarakat. TMC Polda Metro Jaya awalnya dirintis pada 1997 melalui call center, namun sekarang sudah berkembang melalui media sosial, salah satunya Instagram. Akun Instagram @tmcpoldametro menarik untuk diteliti karena merupakan salah satu akun yang menyampaikan informasi resmi dari instansi negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif terkuat yang mempengaruhi para followers serta tingkat kepuasan followers setelah mengikuti akun @tmcpoldametro. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah followers @tmcpoldametro yang saat ini berjumlah 447.100 akun dengan sampel 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan tertinggi adalah kepuasan Informasi khususnya pada pernyataan ?dapat mengetahui informasi dan peristiwa di lingkungan sekitar?, sedangkan kepuasan terendah adalah kepuasan Integrasi dan Interaksi Sosial khususnya pada pernyataan ?dapat menambah rasa empati sosial?. Secara keseluruhan, terdapat kesenjangan antara motif dan kepuasan yang didapatkan followers dalam mengikuti akun @tmcpoldametro di Instagram. Sebagian besar responden merasa puas bahkan sangat puas setelah mengikuti akun Instagram @tmcpoldametro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Motif, Kepuasan, (E) Daftar Pustaka: (2008-2017) 17 buku, 1 jurnal, 5 sumber online
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 26 Apr 2019 08:09
Last Modified: 26 Apr 2019 08:09
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12082

Actions (login required)

View Item View Item