PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN KURSI ERGONOMIS UNTUK PENJAHIT YANG MENGGUNAKAN MESIN JAHIT MERK BROTHER (Studi kasus Di Perusahaan Konveksi PT. Gen Hut - Jakarta Timur)

Sukania, I Wayan PERANCANGAN DAN PENGEMBANGAN KURSI ERGONOMIS UNTUK PENJAHIT YANG MENGGUNAKAN MESIN JAHIT MERK BROTHER (Studi kasus Di Perusahaan Konveksi PT. Gen Hut - Jakarta Timur). Karya Ilmiah Dosen.

[img] Text
1556-3432-1-PB.pdf - Published Version

Download (274kB)

Abstract

Tulisan ini menjelaskan proses perancangan kursi untuk penjahit dengan studi kasus para penjahit di perusahaan konveksi yang menggunakan mesin jahit merk Brother dengan spesifikasi tertentu. Penelitian di awali dengan wawancara untuk mengetahui keluhan dan kebutuhan penjahit akan suatu sarana kerja kursi dan juga untuk mendapatkan jalan keluar sehingga keluhan-keluhan penjahit selama ini dapat dikurangi. Selain melalui wawancara, juga dilakukan pengamatan dan pengukuran kursi yang sedang dipakai perusahaan sebagai pembanding, mengumpulkan data mesin jahit yang dipakai, melakukan uji petik posisi duduk untuk mengetahui kecenderungan posisi duduk para penjahit. Selain itu, untuk mendapatkan komponen utama, rancangan, dan dimensi kursi dilakukan juga pengamatan kerja serta pengukuran antropometri para penjahit. Dari analisa data-data tersebut menghasilkan rancangan kursi, kemudian dibuatkan prototipe yang diharapkan sesuai kebutuhan penjahit di perusahaan konveksi tersebut. Kata kunci: Kursi Penjahit, Ergonomi, Mesin Merk Brother, Antropometri, persentil, Uji posisi duduk.

Item Type: Article
Subjects: Karya Ilmiah Dosen > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 24 Mar 2017 09:22
Last Modified: 24 Mar 2017 09:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item View Item