Analisis Potensi Bahaya Menggunakan Metode HIRADC Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja (Studi Kasus: PT. Supreme Cable Manufacturing & Commerce)

Laksana, Vesta Emilia and Kosasih, Wilson and Doaly, Carla Olyvia (2018) Analisis Potensi Bahaya Menggunakan Metode HIRADC Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja (Studi Kasus: PT. Supreme Cable Manufacturing & Commerce). In: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sains (SNTS) III 2018, 25-26 Oktober 2018. Universitas Tarumanagara, Jakarta, pp. 251-257. ISBN 978-602-53951-0-9

[img]
Preview
Text
TI 10 Wilson Kosasih UNTAR Jakarta 251 sd 257.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview

Abstract

Makalah ini membahas tentang sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3) pada salah satu perusahaan kabel di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat perencanaan strategi untuk mengurangi kecelakaan kerja serta menerapkan metode hazard identification, risk assessment and determine control (HIRADC) pada industri kabel di Indonesia. HIRADC merupakan elemen penting dalam SMK3 karena berkaitan langsung dengan upaya pencegahan dan pengendalian bahaya yang digunakan untuk menentukan objektif dan rencana keselamatan dan kesehatan kerja. Tahap-tahap yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu identifikasi bahaya, penilaian risiko, pengendalian risiko, serta penilaian risiko sisa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa perancangan SOP (Standard Operating Procedure) kegiatan produksi dan memasangan peringatan di setiap mesin, yang akan dijadikan suatu usulan pengendalian risiko kerja yang tepat sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di perusahaan kabel di Indonesia.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja, HIRADC, pengendalian risiko
Subjects: Proceeding > SNTS III 2018
Penelitian > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: admin FT UNTAR
Date Deposited: 17 Sep 2019 05:02
Last Modified: 11 Oct 2019 19:34
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12204

Actions (login required)

View Item View Item