PERHITUNGAN BEBAN DINAMIK PADA PEMBUATAN PAKU KUDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

Santoso, Gatot and Permana, Muki Satya and Purwanto, Bambang Heru (2018) PERHITUNGAN BEBAN DINAMIK PADA PEMBUATAN PAKU KUDA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. In: Prosiding Seminar Nasional Mesin dan Industri (SNMI ) XII 2018. Universitas Tarumanagara, pp. 49-54. ISBN 978-602-71459-9-3

[img]
Preview
Text
TM 15 Gatot Santoso UNPAS Bandung.pdf

Download (839kB) | Preview

Abstract

Makalah ini memaparkan tentang bagaimana melakukan perhitungan beban dinamik Hammer pada pembuatan paku kuda dengan menggunakan Metode Elemen Hingga Non-linear Dynamic Simulation. Tujuan utama pada penelitian ini adalah untuk mengestimasi besarnya kecepatan hammer agar batang kawat berdiameter 6 mm terdeformasi plastis sehingga menjadi paku kuda pacu yang memenuhi standar. Data kecepatan dari hasil simulasi ini akan digunakan pada penelitian lanjutan sebagai acuan dalam menentukan kecepatan bentur hammer terhadap permukaan cetakan logam saat pembuatan paku. Beban bentur yang akan digunakan selama proses forging adalah hasil dari gerakan batang pada suatu mesin dengan mekanisme gerak tertentu. Material yang dipilih adalah baja karbon rendah, setara dengan St-37. Jumlah pukulan terhadap material dengan diameter tersebut di atas adalah sebanyak 5 kali pada temperatur kerja sekitar 750oC dan diameter akhir rata-rata yang dihasilkan adalah 2 mm. Dari hasil pemodelan diperoleh kecepatan hammer menumbuk batang kawat yaitu sebesar 8 m/detik untuk massa hammer sebesar 750 gram. Penelitian ini dilakukan untuk mengimbangi kualitas produk impor yang jauh lebih baik dibandingkan dengan paku kuda pacu produk lokal. Kualitas paku kuda pacu yang dimaksud adalah karakteristik material, kualitas bentuk, kualitas dimensi, dan kualitas permukaan. Untuk memenuhi beberapa kriteria di atas, maka perlu dikembangkan suatu cetakan logam atau Dies dengan toleransi dimensi yang cukup sempit. Dengan demikian, maka repeatability produk paku dengan bentuk yang konsisten secara berulang dapat dipertahankan sesuai dengan standar.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Paku kuda pacu, karakteristik material, kualitas bentuk, dimensi dan kualitas permukaan, beban bentur, non-linear dynamic simulation.
Subjects: Proceeding > SNMI XII 2018
Depositing User: admin FT UNTAR
Date Deposited: 11 Oct 2019 19:36
Last Modified: 11 Oct 2019 19:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12210

Actions (login required)

View Item View Item