RANCANG BANGUN ALAT PEMANTAU KETINGGIAN AIR PADA KOLAM PENGOLAHAN LIMBAH TAMBANG BATU BARA (Studi Kasus di PT. XYZ Kalimantan Timur)

Darajatun, Rizki Achmad and Sukanta, Sukanta (2018) RANCANG BANGUN ALAT PEMANTAU KETINGGIAN AIR PADA KOLAM PENGOLAHAN LIMBAH TAMBANG BATU BARA (Studi Kasus di PT. XYZ Kalimantan Timur). In: Prosiding Seminar Nasional Mesin dan Industri (SNMI ) XII 2018. Universitas Tarumanagara, pp. 55-61. ISBN 978-602-71459-9-3

[img]
Preview
Text
TM 16 Rizki Achmad Darajatun SINGAPERBANGSA Karawang.pdf

Download (808kB) | Preview

Abstract

Pemantauan baku mutu pengelolaan air tambang dilakukan dengan mengambil sampel harian. Sampel tersebut nantinya akan dianalisa guna memastikan baku mutu air pada kolam-kolam pengendapan sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 113/2003 dan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur No. 02/2011. Salah satu pemantauan yang dilakukan adalah mengukur ketinggian air di kolam penampungan dengan menggunakan meteran secara langsung di lapangan oleh petugas dengan perioda yang berbeda-beda, tergantung pada jarak lokasi kolam dengan kantor petugas. Alat yang dirancang bangun oleh peneliti berguna untuk memonitor ketinggian air secara otomatis. Alat ini mengukur ketinggian air secara periodik. Informasi ketinggian air ditampilkan pada LED display dan menyimpan informasi tersebut pada memory card. Alat ini beroperasi dengan sokongan tenaga listrik yang bersumber dari sinar matahari, cocok untuk digunakan di area tambang yang biasanya jauh dari jalur sumber listrik. Dengan alat pemantau ketinggian air ini, petugas tidak direpotkan oleh kegiatan mengukur menggunakan meteran yang mengandung resiko. Selain itu, alat ini dapat menghemat tenaga,waktu dan jumlah petugas ukur.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Water level monitoring, Arduino.
Subjects: Proceeding > SNMI XII 2018
Depositing User: admin FT UNTAR
Date Deposited: 11 Oct 2019 19:36
Last Modified: 11 Oct 2019 19:36
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12211

Actions (login required)

View Item View Item