Analisis Kepuasan Mitra Usaha Terhadap Kualitas Pelayanan Proses Pembiayaan Di PT AMF

Reswati, Renny and Indriani, Indriani (2018) Analisis Kepuasan Mitra Usaha Terhadap Kualitas Pelayanan Proses Pembiayaan Di PT AMF. In: Prosiding Seminar Nasional Mesin dan Industri (SNMI ) XII 2018. Universitas Tarumanagara, pp. 154-161. ISBN 978-602-71459-9-3

[img]
Preview
Text
TI 06 Renny Reswati PANCASILA Jakarta.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 Cover Buku Prosiding 2018 .pdf

Download (30MB) | Preview

Abstract

PT AMF merupakan lembaga keuangan mikro yang memberi pembiayaan kepada mitra usaha. Dengan semakin meningkatnya pemberian pembiayaan kepada mitra usaha, maka perlu diindentifikasi kualitas pelayanan dan kepuasan yang dirasakan oleh mitra usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan yang dirasakan oleh mitra usaha. Metode yang digunakan untuk penelitian yaitu CSI, Servqual, Importance Performance Analysis (IPA), dan 5W+1H.Hasil Customer satifactions indeks menunjukkan bahwa mitra usaha puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh PT AMF. Berdasarkan hasilServqual, kesenjangan terbesar ada pada dimensi keandalan dengan gap sebesar -0,671 dengan nilai kualitas pelayanan sebesar 0,849. Sedangkan gap terkecil ada pada dimensi kepedulian yaitu sebesar -0,16 dengan nilai kualitassebesar 0,959. Berdasarkan hasil Importance Performance Analisys (IPA), terdapat 4 atribut pada kuadran A yang merupakan atribut penting dan diharapkan oleh mitra usahatetapi kondisi kinerja aktual pada saat ini belum memuaskan. Berdasarkan hasil dari 5W+1H yang harus diperbaiki adalah SOP belum dilaksanakan; Tidak ada sanksi tertulis kepada petugas; Petugas tidak teliti dalam melakukan pengecekan data; Manajer tidak melakukan validasi akhir; Belum ada sistem pendukung pada pengecekan data mitra dengan data disistem; Jadwal Audit tidak rutin; Petugas tidak jujur dan bertanggung jawab; Belum ada sistem pendukung untuk mendeteksi kesalahan.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Mitra usaha, CSI,Servqual, Importance Performance Analysis, 5W+1H.
Subjects: Proceeding > SNMI XII 2018
Depositing User: admin FT UNTAR
Date Deposited: 18 Oct 2019 03:01
Last Modified: 18 Oct 2019 03:01
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12256

Actions (login required)

View Item View Item