PRODUKTIVITAS KERJA PONDASI BORED PILE (STUDI DI PROYEK 6 (ENAM) RUAS JALAN TOL DALAM KOTA JAKARTA SEKSI A KELAPA GADING – PULO GEBANG)

Nurdiana, Deni (2019) PRODUKTIVITAS KERJA PONDASI BORED PILE (STUDI DI PROYEK 6 (ENAM) RUAS JALAN TOL DALAM KOTA JAKARTA SEKSI A KELAPA GADING – PULO GEBANG). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRAK1.docx

Download (22kB)

Abstract

Pembangunan jalan tol di dalam kota dengan kondisi lingkungan padat penduduk apalagi area kerjanya berdampingan dengan jalur lalu lintas jalan, memerlukan kecepatan dan ketepatan mutu dalam pelaksanaanya. Sehingga sangatlah wajar jika Pemerintah Pusat menjadikannya sebagai salah satu prioritas kerja dan mengkategorikan Proyek Pembangunan 6 (enam) Ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta sebagai Proyek Strategi Nasional (PSN). Di proyek ini pekerjaan pondasi bored pile merupakan awal dari pekerjaan struktur elevated dan menjadi aktivitas kritis. Sehingga dalam pelaksanaannya harus tepat waktu, tepat mutu dan harus mampu memenuhi target produktivitas kerja yang direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indeks produktivitas ideal dan mengetahui faktor-faktor dominan apa saja yang berpengaruh terhadap produktivitas kerja pondasi bored pile. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi langsung terhadap aktivitas pelaksanaan pondasi bored pile, selain itu dilakukan juga metode survei dengan kuesioner terhadap para pakar, praktisi yang terlibat langsung dalam pelaksanaan pondasi bored pile dilokasi penelitian ini. Wawancara ataupun validasi pakar juga dilakukan untuk mendapatkan pandangan tambahan terhadap hasil analisa penelitian. Melalui hasil penelitian ini diketahui indeks produktivitas tertinggi adalah 1,60 titik per-hari sedangkan untuk indeks produktivitas terbaik (ideal) adalah 1,57 titik per-hari, dengan data waktu tersingkat untuk menyelesaikan satu titik pekerjaan pekerjaan pondasi bored pile adalah 9:35:49 – 10:17:16. Sedangkan dari hasil analisis data dengan menggunakan metode Relative Impotant Index (RII), diperoleh lima faktor-faktor dominan yang berpengaruh terhadap produktivitas kerja pondasi bored pile yaitu: 1) Kondisi lokasi lahan yang berbeda pada setiap pekerjaan konstruksi pondasi (RII 0,83); 2) Adanya hambatan dalam pembebasan lahan dan relokasi utilitas (RII 0,79); 3) Kepadatan lalu lintas kendaraan pada lokasi sekitar proyek (RII 0,78); 4) Akses keluar masuk proyek yang terhalang oleh lalu lintas (RII 0,70); 5) Pekerja bukan merupakan karyawan tetap (RII 0,65).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pondasi Bored Pile, Produktivitas, Elevated, Relative Impotant Index (RII)
Subjects: Tesis > Pascasarjana
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 24 Oct 2019 02:50
Last Modified: 24 Oct 2019 02:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12280

Actions (login required)

View Item View Item