ANALISIS FAKTOR METODE DESIGN AND BUILD PADA PROYEK SEKSI I JALAN TOL SEMARANG – BATANG

MUDRI, MUDRI (2019) ANALISIS FAKTOR METODE DESIGN AND BUILD PADA PROYEK SEKSI I JALAN TOL SEMARANG – BATANG. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)

Abstract

Indonesia memerlukan banyak jalan raya untuk mengakomodasi beragamnya aktivitas penduduknya. Penambahan infrastruktur berupa jalan raya dan jalan tol merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat IndonesiaTujuan dari pembangunan jalan tol adalah untuk memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang. Pembangunan jalan tol adalah pekerjaan infrastruktur yang banyak dikerjakan oleh pemerintah. Pembangunan Tol Semarang – Batang merupakan proyek utama nasional yang diharapkan dapat memperlancar distribusi barang dan jasa serta mengurangi volume lalu lintas di jalan nasional Pantura. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan faktor dominan metode DB, Biaya dan Waktu yang secara signifikan berpengaruh terhadap kesuksesan proyek pembangunan jalan tol. Penelitian ini dilakukan pada Proyek Seksi I Jalan Tol Semarang – Batang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data diambil dengan menggunakan kuesioner yang menggunakan skala Likert 4. Responden penelitian adalah pengguna jasa, konsultan dan kontraktor. Uji Statistika dilakukan dengan menggunakan software SPSS 20.0. Berdasarkan hasil uji validitas instrument diperoleh 83 butir pertanyaan yang valid dan reliabel. Analisis yang dilakukan adalah analisis korelasi dan analisis factor. Simpulan penelitian: 1) Variabel metode DB memiliki korelasi postif yang sangat kuat dengan variabel Biaya; 2) faktor Metode DB merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap Kesuksesan Proyek dibandingkan variabel Biaya dan Waktu; 3) faktor Perhatian klien pada transfer resiko merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadapa kesuksesan proyek pada kelompok Variabel Metode DB; 4) faktor Konsultan, Kontraktor, Parameter Design dan Informasi merupakan faktor yang faling berpengaruh terhadap kesuksesan proyek pada kelompok Variabel Biaya; dan 5) faktor Perubahan merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadapan kesuksesan proyek pada kelompok Waktu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Design-Build, Biaya, Waktu, Jalan Tol
Subjects: Tesis > Pascasarjana
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:42
Last Modified: 25 Oct 2019 07:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12294

Actions (login required)

View Item View Item