ANALISIS ITEM PEKERJAAN DAN FAKTOR-FAKTOR DOMINAN PENYEBAB CHANGE ORDER YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA WAKTU PELAKSANAAN PROYEK JALAN NASIONAL

KOMARA DJUNAEDI, R. FAJAR (2019) ANALISIS ITEM PEKERJAAN DAN FAKTOR-FAKTOR DOMINAN PENYEBAB CHANGE ORDER YANG BERPENGARUH TERHADAP KINERJA WAKTU PELAKSANAAN PROYEK JALAN NASIONAL. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)

Abstract

Proyek konstruksi merupakan pekerjaan yang kompleks, unik, dinamis, penuh dengan risiko dan ketidakpastian karena di dalamnya berkaitan dengan biaya, waktu, mutu, kebijakan dan sumber daya. Change order merupakan dampak dari risiko tingginya ketidakpastian, pekerjaan yang ditambahkan atau dihapuskan dari lingkup asli pekerjaan kontrak yang mengubah seluruh nilai kontrak atau waktu penyelesaian pekerjaan. Berdasarkan tingginya proyek bangunan jalan Kementerian PUPR yang akan diselesaikan, apabila tidak diantisipasi dengan baik mengenai dampak buruknya, change order dapat menjadi kendala pada pelaksanaannya, khususnya kinerja waktu proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mencari item pekerjaan yang mengalami perubahan akibat peristiwa change order yang berpengaruh terhadap kinerja waktu pada proyek jalan nasional, mencari faktor-faktor penyebab change order yang berpengaruh terhadap kinerja waktu pada proyek jalan nasional, dan mengidentifikasi faktor-faktor dominan penyebab change order yang berpengaruh terhadap kinerja waktu pada proyek Jalan nasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data survey dan peneliti terdahulu. Metode Analisis yang digunakan dalam mencari faktor-faktor dominan adalah Analisis Faktor. Hasil penelitian ditemukan 123 item yang mengalami perubahan. item yang sering mengalami perubahan adalah Marka Jalan Termoplastik, Beton Mutu Sedang fc’ 30 MPa, Beton Mutu Sedang fc’ 10 MPa, Pasangan Batu. Selanjutnya didapatkan 24 faktor dominan penyebab change order yang berpengaruh terhadap kinerja waktu pada proyek Jalan nasional. Dari 24 faktor dominan tersebut dapat dikelompokkan menjadi 6 kelompok faktor.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Faktor dominan, change order, proyek jalan, jalan nasional
Subjects: Tesis > Pascasarjana
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:55
Last Modified: 25 Oct 2019 07:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12296

Actions (login required)

View Item View Item