ANALISIS HUBUNGAN DISTRIBUSI UKURAN BUTIR TANAH DENGAN LIQUID LIMIT YANG DIUJI MENGGUNAKAN ALAT FALL CONE DAN ALAT CASAGRANDE

Indra, Indra (2012) ANALISIS HUBUNGAN DISTRIBUSI UKURAN BUTIR TANAH DENGAN LIQUID LIMIT YANG DIUJI MENGGUNAKAN ALAT FALL CONE DAN ALAT CASAGRANDE. Diploma thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Pengujian batas cair dapat dilakukan dengan menggunakan dua alat yakni alat Casagrande dan alat fall cone. Penggunaan alat Casagrande mengacu pada standar ASTM dan penggunaan alat fall cone mengacu pada standar British Standard. Dalam kedua alat tersebut terdapat dua jenis metode yang dapat digunakan yakni metode one-point dan metode multi-point. Pengujian batas cair menggunakan tanah yang lolos sarinngan no.40 yang terdiri dari pasir halus, lanau dan lempung. Analisis data dilakukan untuk mencari korelasi distribusi ukuran butir tanah dengan nilai batas cair menggunakan kedua alat dan kedua metode tersebut. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, tidak ditemukan korelasi antara distribusi ukuran butir tanah dengan nilai batas cair. Namun berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh korelasi nilai batas cair dengan menggunakan kedua alat dan metode tersebut memiliki nilai yang hampir sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: batas cair, alat Casagrande, alat fall cone, ASTM, British Standard, metode one-point, metode multi-point, distribusi ukuran butir.
Subjects: Tesis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 02 Dec 2019 08:08
Last Modified: 02 Dec 2019 08:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12320

Actions (login required)

View Item View Item