Analisis penerapan wilayah kerja PPAT berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 24 Tahun 2016 tentang perubahan atas peraturan pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 tentang peraturan jabatan PPAT di Provinsi DKI Jakarta

Setiawan, Ivandi (2018) Analisis penerapan wilayah kerja PPAT berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 24 Tahun 2016 tentang perubahan atas peraturan pemerintah Nomor 37 Tahun 1998 tentang peraturan jabatan PPAT di Provinsi DKI Jakarta. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

PPAT adalah pejabat publik yang berwenang untuk membuat akta otentik mengenai tindakan hukum tertentu mengenai hak atas tanah atau Hak Milik Unit Rumah Susun. Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2016 tentang peraturan jabatan PPAT adalah peraturan terbaru yang dibuat oleh pemerintah untuk mengatur ketentuan tentang PPAT. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2016 dalam Pasal 12 ayat satu dijelaskan bahwa ruang lingkup wilayah kerja PPAT diperluas menjadi satu provinsi dimana dalam peraturan sebelumnya yaitu peraturan pemerintah nomor 37 tahun 1998 dijelaskan bahwa ruang lingkup pekerjaan PPAT hanya sebatas kabupaten atau kotamadya saja. Faktanya sekarang Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2016 belum diterapkan secara efisien, terutama dalam hal lingkup kerja PPAT, hal itu terjadi karena beberapa faktor yang menghambat menyebabkan hilangnya efektivitas dalam Pasal 12 ayat satu Peraturan Pemerintah 24 Tahun 2016. Hal ini tentu saja juga bertentangan dengan kepastian hukum bahwa masyarakat umum seharusnya dapat mendapatkan kepastian hukum dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2016 oleh pemerintah tersebut maka peraturan tersebut harus dapat berlaku dalam lingkungan masyarakat. Hal tersebut juga bertentangan dengan asas hukum umum yaitu lex posterior derogate legi priori yang menjelaskan bahwa dalam peraturan yang sederajat maka peraturan yang baru dapat menggantikan peraturan yang lama, Serta pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Undang-undang dan menggunakan metode penelitian hukum normatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 04 Dec 2019 01:23
Last Modified: 04 Dec 2019 01:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12328

Actions (login required)

View Item View Item