Analisis kekuatan unsur itikad baik pada pelaksanaan pendaftaran merek di Indonesia berdasarkan undang-undang nomor 20 Tahun 2016 tentang merek dan indikasi geografis : studi kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 364K/Pdt.Sus-HKI/2014 / Wilson Wijaya

Wijaya, Wilson (2018) Analisis kekuatan unsur itikad baik pada pelaksanaan pendaftaran merek di Indonesia berdasarkan undang-undang nomor 20 Tahun 2016 tentang merek dan indikasi geografis : studi kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 364K/Pdt.Sus-HKI/2014 / Wilson Wijaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan memilih judul ini agar mencegah terjadinya sengketa merek di kemudian hari dan dapat memberikan solusi agar masalah seperti ini tidak terulang lagi. Merek adalah salah satu bagian dari Hak Kekayaan Intelektual. Merek adalah tanda pengenal yang membedakan milik seseorang dengan milik orang lain. Untuk menjaga agar merek tersebut tidak digunakan oleh orang lain, maka pemilik merek asli harus mendaftarkannya di kantor merek. Namun, banyak pihak yang memiliki itikad tidak baik ingin menumpang ketenaran merek orang lain sehingga ia memakai nama merek yang sama untuk mendompleng barang yang diproduksinya. Merek diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis. Kekuatan unsur itikad baik dalam pendaftaran merek dagang dalam pelaksanaan pendaftaran di Indonesia dan perlindungan bagi pemegang merek yang ditolak pendaftarannya di Indonesia. Metode yand diterapkan adalah metode normatif dan mengacu pada buku-buku ilmiah. Kekuatan unsur itikad baik dalam melakukan pendaftaran dapat dilihat pada Pasal 21 UUM dan IG. Untuk perlindungannya yaitu pemilik merek dapat mendaftarkan terlebih dahulu, jika tidak ditolak maka dapat mengajukan gugatan pembatalan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang diatur pada Pasal 77 UUM dan IG untuk ditelaah dan diputus siapa pemilik merek dagang tersebut dan dibuktikan siapa pihak yang mempunyai unsur itikad tidak baik. Disarankan agar pemilik merek dagang asli mendaftarkan merek dagangnya pada kantor merek di Indonesia karena di Indonesia menganut sistem First to file.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 04 Dec 2019 06:57
Last Modified: 04 Dec 2019 06:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12336

Actions (login required)

View Item View Item