Analisis kewenangan komisi informasi pusat dalam mengadili sengketa informasi publik : studi putusan Nomor 199/VI/KIP-PS-A/2014 dan Putusan Mahkamah Agung Nomor 606 K/Pdt.Sus-KIP/2015 / Angretta Lolita

Lolita, Angretta (2018) Analisis kewenangan komisi informasi pusat dalam mengadili sengketa informasi publik : studi putusan Nomor 199/VI/KIP-PS-A/2014 dan Putusan Mahkamah Agung Nomor 606 K/Pdt.Sus-KIP/2015 / Angretta Lolita. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Informasi yang bersifat publik, berhak untuk didapat oleh semua orang. Informasi harus diberitahukan dan disampaikan kepada publik tanpa batasan apapun, dan harus terbuka. Hak atas informasi menjadi sangat penting karena semakin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara itu dapat semakin dipertanggungjawabkan. Dengan hadirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik ini, informasi pada badan publik pemerintah lebih terbuka. Seiring berjalan waktu, keterbukaan informasi publik memunculkan permasalahan yang akhirnya dibangunlah Komisi Informasi. Komisi Informasi merupakan satu-satunya lembaga yang diberi kewenangan untuk menyelesaikan sengketa informasi publik. Tidak ada lembaga atau badan lain yang memiliki kewenangan untuk itu. Inilah yang disebut dengan kewenangan absolut yang dimiliki oleh Komisi Informasi dalam menangani sengketa infomasi publik. Namun, pada kenyataannya, Komisi Informasi terbukti tidak adil dan melewati kewenangannya dalam Putusan Nomor 199/VI/KIP-PS-A/2014. Bagaimana Komisi Informasi melewati kewenangannya? Penulis meneliti masalah tersebut dengan menggunakan metode normatif. Data penelitian memperlihatkan adanya kelemahan dari Komisi Informasi dalam mengadili Sengketa Informasi tersebut. Kelemahan ini mengakibatkan ketidakpastian hukum. Sebaiknya Komisi Informasi segera mengevaluasi kesalahan yang terjadi pada sengketa tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:13
Last Modified: 04 Dec 2019 07:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12339

Actions (login required)

View Item View Item