Analisis mengenai pertanggungjawaban pengembang rumah susun terkait ketiadaan sertifikat laik fungsi menurut undang-undang nomor 20 tahun 2011 tentang rumah susun juncto undang-undang nomor 28 tahun 2002 tentang bangunan gedung : studi kasus Apartemen Parama Cilandak Jakarta Selatan

Evangelista, Octavianna (2018) Analisis mengenai pertanggungjawaban pengembang rumah susun terkait ketiadaan sertifikat laik fungsi menurut undang-undang nomor 20 tahun 2011 tentang rumah susun juncto undang-undang nomor 28 tahun 2002 tentang bangunan gedung : studi kasus Apartemen Parama Cilandak Jakarta Selatan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (14kB)
[img] Text
Tanda Persetujuan Skripsi Siap Uji.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Tanda Pengesahan Skripsi.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Surat Keabsahan.pdf

Download (152kB)

Abstract

Sertifikat Laik Fungsi adalah sertifikat yang diberikan oleh Pemerintah daerah kepada bangunan yang telah memenuhi seluruh persyaratan yang telah dinyatakan oleh undang-undang seperti persyaratan teknis dan persyaratan administrasi. Sertifikat Laik Fungsi adalah tanda bukti yang menandakan bangunan tersebut telah dinyatakan laik fungsi. Sertifikat Laik Fungsi merupakan upaya pemerintah dalam mengedepankan aspek keselamatan hingga pada prioritasnya yang utama. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, dikatakan bahwa Sertifikat Laik Fungsi harus dimiliki oleh pengembang, tanpa terkecuali dengan rumah susun, sebagaimana ketentuan tersebut diatur secara khusus di dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun. Sertifikat Laik Fungsi tersebut akan dikeluarkan jika semua parameter kelaikan fungsi suatu bangunan telah dipenuhi seperti aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan. Namun kenyataannya pengembang rumah susun telah melanggar ketentuan tersebut. Akibatnya gedung rumah susun terbakar. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk menentukan tanggung jawab pengembang yang merupakan konsekuensi dari perbuatannya tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hanafi Tanawijaya, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Rumah Susun, Sertifikat Laik Fungsi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:30
Last Modified: 10 Jun 2021 08:17
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12340

Actions (login required)

View Item View Item