Analisis pembatalan akta hibah saham yang didasarkan pada perjanjian lain yang telah dibatalkan : studi kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 2820 K/Pdt/2014 / Su Hyon Son

Son, Su Hyon (2018) Analisis pembatalan akta hibah saham yang didasarkan pada perjanjian lain yang telah dibatalkan : studi kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 2820 K/Pdt/2014 / Su Hyon Son. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menurut Pasal 1313 KUHPerdata, definisi perjanjian adalah tindakan satu atau lebih individu yang saling berjanji satu sama lain. Secara teori, perjanjian yang dibuat berdasarkan perjanjian yang dibuat sebelumnya membuat dua perjanjian tersebut berhubungan satu sama lain dan menempatkan mereka dalam kondisi dimana perjanjian yang dibuat sebelumnya dapat membatalkan perjanjian lain yang memiliki keterkaitan dengannya. Namun bagaimana apabila kondisi nya terdapat suatu perjanjian yang membaatalkan perjanjian lain tanpa saling memiliki suatu keterkaitan. Penelitian ini adalah penelitian Hukum Normatif dengan hasil penelitian sebagai berikut: pertama, keputusan Hakim untuk memutus akta hibah batal demi hukum oleh salah satu pertimbangannya yang didasarkan pada perjanjian investor yang dilihat dari fakta yang ada dibuat setelah lahirnya akta dan telah dibatalkan sebelum gugatan diajukan ke pengadilan membuat keputusan Hakim menjadi tidak pasti. Kedua, perjanjian investor tersebut tidak boleh dijadikan sebagai salah satu pertimbangan Hakim untuk membatlkan akta hibah, melihat bahwa kedua perjanjian itu tidak terkait dan tidak dapat dikategorikan sebagai perjanjian induk dan perjanjian accesoir. Keduanya memiliki kedudukan yang berbeda sehingga merupakan perjanjian yang masing-masing berdiri sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 04 Dec 2019 07:41
Last Modified: 04 Dec 2019 07:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12342

Actions (login required)

View Item View Item