Analisis penerapan Asas Erga Omnes pada Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 30/PUU-XVI/2018 dikaitkan dengan Asas Negative Legislator / Muchamad Lufti Hakim

Hakim, Muchamad Lufti (2018) Analisis penerapan Asas Erga Omnes pada Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 30/PUU-XVI/2018 dikaitkan dengan Asas Negative Legislator / Muchamad Lufti Hakim. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANAGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan bermula karena adanya Permohonan Uji Materil Pasal 182 Huruf l khususnya pada frasa ?pekerjaan lain? Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017. Pemohon memohon kepada MK untuk menafsirkan frasa ?pekerjaan lain?. Permohonan tersebut akhirnya dikabulkan oleh MK yang menafsirkan frasa ?pekerjaan lain? dalam Pasal 182 huruf l Undang-Undang tersebut menyangkup pula sebagai Fungsionaris Partai Politik. Atas Putusan itu terdapat Pihak yang tidak setuju akhirnya Peraturan KPU Nomor 26 Tahun 2018 yang mengakomodir Putusan MK agar calon aggota DPD mengundurkan diri dari Partai Politik ke PTUN dan MA. Yang menjadi masalah adalah terhadap Putusan PTUN dan MA berbeda dengan Putusan MK, kedua Putusan itu memperbolehkan fungsionaris partai politik untuk mendaftar menjadi calon anggota DPD. Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut Penulis menggunakan Metode Penelitian Hukum Normatif, Kesimpulan Penulis adalah bahwa asas erga omnes dan asas Negative legislator yang melekat pada Putusan MK tidak berjalan efektif. Saran Penulis adalah perlu adanya revisi Undang-Undang MK dengan menambahkan sanksi bagi Lembaga atau masyarakat yang tidak mengikuti Putusan MK tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 05 Dec 2019 04:33
Last Modified: 05 Dec 2019 04:33
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12346

Actions (login required)

View Item View Item