Peran Regulasi Emosi Terhadap Kualitas Hidup dengan Dukungan Sosial Sebagai Moderator Pada Mahasiswa yang Kuliah Sambil Bekerja

Yusran, Faisal (2020) Peran Regulasi Emosi Terhadap Kualitas Hidup dengan Dukungan Sosial Sebagai Moderator Pada Mahasiswa yang Kuliah Sambil Bekerja. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT621.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Pada zaman yang penuh dengan kebutuhan ekonomi dan kompetensi kerja ini, banyak mahasiswa yang memutuskan untuk berkuliah sambil bekerja. Berbagai permasalahan yang dapat muncul baik dari perkuliahan maupun pekerjaan tersebut dapat mempengaruhi kualitas kehidupan. Regulasi emosi dan dukungan sosial merupakan salah satu cara yang dapat mengurangi efek negatif dari permasalahan tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Regulasi Emosi Terhadap Kualitas Hidup dengan Dukungan Sosial Sebagai Moderator Mahasiswa yang Kuliah Sambil Bekerja. Penelitian ini menyertakan 230 partisipan mahasiswa pekerja usia millenial dengan menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa peran langsung dari regulasi emosi terhadap kualitas kehidupan memiliki efek sebesar 7.2% dan bahwa dukungan sosial tidak terbukti berperan sebagai moderator dalam hubungan antara regulasi emosi dan kualitas kehidupan p > 0.05. Lebih lanjut, analisis tambahan menemukan bahwa dukungan sosial dapat berperan sebagai moderator signifikan (p < 0.05) dalam hubungan antara regulasi emosi dan kualitas kehidupan pada partisipan yang memiliki skor dukungan sosial yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: : regulasi emosi, dukungan sosial, dan kualitas kehidupan.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 16 Jan 2020 03:43
Last Modified: 16 Jan 2020 03:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12544

Actions (login required)

View Item View Item