Edlyn, Jovita (2020) Gambaran Keterampilan Sosial pada Siswa Homeschooling. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
ABSTRACT1208.pdf Download (10kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan sosial merupakan satu set kemampuan belajar yang memungkinkan seorang individu untuk berinteraksi secara kompeten dan tepat dalam konteks sosial tertentu (VanderBos, 2007). Keterampilan sosial perlu dimiliki oleh siswa homeschooling untuk dapat bersosialisasi diluar lingkup homeschooling. Sedangkan homeschooling merupakan instruksi formal siswa di rumah atau pengaturan pribadi lainnya, baik oleh kedua orangtuanya, guru atau tutor. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai keterampilan sosial pada siswa yang telah mengikuti program pendidikan homeschooling. Wawancara mendalam (in-depth interview) dilakukan terhadap lima orang laki-laki dan empat orang perempuan (yang berusia 14 sampai 18 tahun) yang homeschooling. Penelitian ini berlangsung dalam rentang waktu lima bulan, dimulai dari Februari 2019 sampai dengan Juni 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesembilan subyek mempunyai keterampilan sosial dengan cara yang berbeda-beda. Secara umum, kesembilan subyek memiliki keterampilan sosial dalam diri mereka.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Sosial, Homeschooling |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 16 Jan 2020 07:32 |
Last Modified: | 16 Jan 2020 07:32 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12567 |
Actions (login required)
View Item |