Gambaran Keterampilan Sosial pada Siswa Homeschooling

Edlyn, Jovita (2020) Gambaran Keterampilan Sosial pada Siswa Homeschooling. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT1208.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Keterampilan sosial merupakan satu set kemampuan belajar yang memungkinkan seorang individu untuk berinteraksi secara kompeten dan tepat dalam konteks sosial tertentu (VanderBos, 2007). Keterampilan sosial perlu dimiliki oleh siswa homeschooling untuk dapat bersosialisasi diluar lingkup homeschooling. Sedangkan homeschooling merupakan instruksi formal siswa di rumah atau pengaturan pribadi lainnya, baik oleh kedua orangtuanya, guru atau tutor. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai keterampilan sosial pada siswa yang telah mengikuti program pendidikan homeschooling. Wawancara mendalam (in-depth interview) dilakukan terhadap lima orang laki-laki dan empat orang perempuan (yang berusia 14 sampai 18 tahun) yang homeschooling. Penelitian ini berlangsung dalam rentang waktu lima bulan, dimulai dari Februari 2019 sampai dengan Juni 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesembilan subyek mempunyai keterampilan sosial dengan cara yang berbeda-beda. Secara umum, kesembilan subyek memiliki keterampilan sosial dalam diri mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Sosial, Homeschooling
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:32
Last Modified: 16 Jan 2020 07:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12567

Actions (login required)

View Item View Item