Peran Trait Kepribadian Sebagai Moderator dalam Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial dengan Kualitas Persahabatan Kaum Milenial.

Gunawan, Defiana (2020) Peran Trait Kepribadian Sebagai Moderator dalam Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial dengan Kualitas Persahabatan Kaum Milenial. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRACT1209.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran trait kepribadian sebagai moderator dalam hubungan antara penggunaan situs jejaring sosial dengan kualitas persahabatan kaum milenial. Penelitian ini dilakukan pada 401 partisipan dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berbentuk non-experimental. Pengujian terhadap hipotesis dilakukan dengan metode analisis regresi linear sederhana dengan trait kepribadian sebagai moderator. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan situs jejaring sosial terhadap kualitas persahabatan perlu dimoderatori oleh trait kepribadian. Kuat lemahnya moderator mempengaruhi penggunaan situs jejaring sosial terhadap kualitas persahabatan. Misalnya pada penggunaan situs jejaring sosial pada trait kepribadian extraversion, dan conscientiousness justru memperlemah hubungan antara penggunaan situs jejaring sosial dan kualitas persahabatannya, sedangkan penggunaan situs jejaring sosial pada trait kepribadian agreeableness justru memperkuat hubungan antara penggunaan situs jejaring sosial dan kualitas persahabatannya. Besar peran trait kepribadian sebagai moderator dalam hubungan antara penggunaan situs jejaring sosial terhadap kualitas persahabatan juga berbeda-beda tergantung dengan trait kepribadian yang dimiliki individu itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepribadian big five, kualitas persahabatan, penggunaan situs jejaring sosial, kaum milenial.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:41
Last Modified: 16 Jan 2020 07:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12568

Actions (login required)

View Item View Item