Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan School Well Being pada siswa SMP Boarding School X di Bogor

Adelia Balqis, Hanifa (2020) Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan School Well Being pada siswa SMP Boarding School X di Bogor. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRACT1211.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Schneiders (1964) mengatakan penyesuaian diri merupakan suatu proses respon mental dan perilaku individu untuk mengatasi masalah kebutuhan, ketengangan, konflik dan frustrasi yang dialami di dalam dirinya. Schneiders membagi menjadi tujuh kategori penyesuian yaitu mengontrol emosionalitas, mampu mengatasi mekanisme pertahanan diri, mampu berpikir rasional, kemampuan belajar, Pemanfaatan masa lalu serta Memiliki sikap realistis dan objektif. Allardt (dalam Konu dan Rimpela, 2002) menjelaskan bahwa school well being merupakan kehidupan sekolah yang bertujuan untuk mensejahterakan para siswanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan school well being pada siswa SMP Boarding School X di Bogor. Partisipan pada penelitian ini adalah siswa SMP yang berusia 11 – 16 tahun (laki-laki berjumlah 129 siswa & perempuan berjumlah 91 siswa). Pengumpulan data menggunakan purposive sampling, dengan menggunakan kuisioner yaitu penyesuaian diri dan kuisioner school well being. Teknik analisis data menggunakan teknik parametrik yaitu pearson correlation. Hasil penelitian menunjukan ada terdapat hubungan positif dan signifikan antara penyesuaian diri dan school well being (r = 0.501 dan p = 0.000 < 0.01).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian diri, School Well Being, Siswa SMP, Boarding School.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 16 Jan 2020 07:49
Last Modified: 16 Jan 2020 07:49
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12570

Actions (login required)

View Item View Item