Caregiving Appraisal Dan Kualitas Kehidupan Pada Lanjut Usia Yang Menjalani Peran Surrogate Parents

Tianingsih, Fernanda (2020) Caregiving Appraisal Dan Kualitas Kehidupan Pada Lanjut Usia Yang Menjalani Peran Surrogate Parents. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRACT1216.pdf

Download (11kB)

Abstract

Aktivitas mengasuh cucu yang dilakukan individu lanjut usia di Indonesia merupakan hal yang umum dilakukan. Lansia yang mengasuh cucu dapat disebut sebagai surrogate parents. Pengalaman lansia dalam mengasuh cucu akan memunculkan persepsi subyektif yang disebut caregiving appraisal. Caregiving appraisal dibentuk dari dua dimensi yaitu caregiving burden dan caregiving satisfaction, yang dapat menjadi suatu indikator yang menunjukan tingkat kualitas hidup seseorang. Penelitian ini bertujuan menguji hubungan caregiving appraisal dan kualitas kehidupan lanjut usia yang menjalani peran surrogate parents. Penelitian ini melibatkan 115 lansia (perempuan= 84,3%, laki- laki= 15,7%) berusia 60 tahun ke atas yang menjalani peran surrogate parents yang dipilih menggunakan convenience sampling. Instrumen penelitian adalah Caregiving Appraisal Scale (CAS) dan Kualitas Kehidupan Lansia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara caregiving satisfaction dengan kualitas kehidupan lansia (r=0,389, p<0,01). Seluruh lansia cenderung puas terhadap aktivitasnya mengasuh cucu dan memberikan pengaruh yang positif terhadap kualitas kehidupannya. Temuan ini menunjukkan bahwa lansia dengan tingkat pendidikan terakhir tinggi dan tidak memiliki masalah kesehatan memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Caregiving Appraisal, Caregiving Satisfaction, Caregiving Burden, Kualitas Kehidupan, Lanjut Usia, Surrogate Parents
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 16 Jan 2020 08:23
Last Modified: 16 Jan 2020 08:23
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12575

Actions (login required)

View Item View Item