Yolanda, Meilya (2020) Peran Kepuasan Kerja terhadap Kualitas Kehidupan pada Guru Sekolah Luar Biasa. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
ABSTRACT1233.pdf Download (47kB) | Preview |
Abstract
Guru profesional hendaknya mampu memikul dan melaksanakan tanggung jawabnya sebagai guru kepada peserta didik, orang tua, masyarakat, bangsa, dan negara. Lingkungan sekolah yang mendukung dan hubungan sosial yang positif merupakan faktor yang menjadi prediksi kepuasan kerja untuk tetap berada dalam profesi. Penelitian ini bertujuan menguji peran kepuasan kerja terhadap kualitas kehidupan guru Sekolah Luar Biasa. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif. Partisipan berjumlah 162 guru (wanita: 76,5% dan laki-laki: 23,5%) berusia 20 – 60 tahun (M: 1,76; SD: 0,42), dari berbagai Sekolah Luar Biasa yang dipilih menggunakan convenience sampling dengan pengambilan sampel secara langsung. Regresi linear mengungkapkan kepuasan kerja memiliki peran positif terhadap kualitas kehidupan. Instrumen penelitian adalah The Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ) dan World Health Organization Quality of Life (WHOQOL-BREF scale). Analisis dengan regresi linear menunjukkan nilai (F (1, 160) = 88,983, p < 0,05, dan berperan signifikan terhadap kualitas kehidupan (R2 = 0,357, p < 0,05). Pada kepuasan kerja intrinsik memiliki nilai R2 = 0,342, p < 0,05, menunjukkan bahwa kepuasan kerja intrinsik memiliki peran terhadap kualitas kehidupan guru sebesar 34,2%. Kepuasan kerja ektrinsik memiliki nilai R2 = 0,288 (28,8%), p < 0,05. Kata Kunci : kepuasan kerja, kualitas kehidupan, guru, sekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | job satisfaction, quality of life, teacher, school |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 02:56 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 02:56 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12599 |
Actions (login required)
View Item |