Gambaran Pola Asuh Orangtua Authoritative pada Social Skill Anak Autism Spectrum Disorder (ASD)

Lieus, Liesye (2020) Gambaran Pola Asuh Orangtua Authoritative pada Social Skill Anak Autism Spectrum Disorder (ASD). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img]
Preview
Text
Doc1235.pdf

Download (111kB)

Abstract

Jumlah Penderita ASD di Indonesia diperkirakan mengalami penambahan sekitar 500 orang tiap tahun. Pada tahun 2013, diprediksi jumlah penyandang ASD mencapai tiga juta orang dengan perbandingan 6 dari 10 ribu kelahiran (Silaban dikutip dalam Larete, Kandou & Munayang, 2016). Hambatan - hambatan akan dialami oleh anak ASD dalam masa perkembangannya terutama dalam komunikasi dan interaksi sosial sehingga dibutuhkan keterlibatan orangtua untuk dapat meningkatkan social skill pada anak ASD salah satunya dengan pola pengasuhan yang tepat. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengeahui gambaran pola aush orangtua authoritative pada social skill anak autism spectrum disorder (ASD). Penelitian ini dilakkan pada bulan Maret 2019 sampai Juni 2019. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode wawancara kepada tiga pasang orangtua dengan pola asuh Authoritative yang mencakup dua dimensi yaitu, parental acceptance/responsiveness dan parental demandingness/control. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh authoritative mampu untuk meningkatkan social skill anak autism spectrum disorder (ASD).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Autism Spectrum Disorder (ASD), Social Skill, dan Pola Asuh
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:16
Last Modified: 17 Jan 2020 03:16
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12601

Actions (login required)

View Item View Item