Hubungan Antara Kepribadian Big Five dengan Adiksi Internet pada Mahasiswa

Sanjaya, Leonardo (2020) Hubungan Antara Kepribadian Big Five dengan Adiksi Internet pada Mahasiswa. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRACT1237.pdf

Download (10kB)

Abstract

Penggunaan Internet telah meningkat secara eksponensial dari tahun ke tahun. Mahasiswa menggunakan internet untuk tugas kuliah atau melarikan diri dari stres. Dalam hubungan ini, penggunaan internet yang berlebihan menyebabkan penggunaan internet yang tidak sehat disebut sebagai adiksi internet. Salah satu faktor yang berperan dalam perilaku adiksi internet adalah kepribadian. Tipe kepribadian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepribadian Big Five (openness to new experiences, conscientiousness, extraversion, agreeableness, neuroticism). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana hubungan antara kepribadian Big Five dengan adiksi internet pada mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 305 peserta mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode statistik Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS SEM) dalam membuktikan hubungan antar variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi openness to new experiences tidak ada hubungan dengan adiksi internet. Dimensi extraversion, conscientiousness, agreeableness memiliki hubungan negatif dengan adiksi internet. Dimensi neuroticism memiliki hubungan positif dengan adiksi internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepribadian Big Five, adiksi internet
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 17 Jan 2020 03:28
Last Modified: 17 Jan 2020 03:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12602

Actions (login required)

View Item View Item