Nabila, Khanssa (2020) Hubungan Kualitas Kehidupan Sekolah dengan Motivasi Berprestasi Siswa SMA Pesantren X. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
ABSTRACT1238.pdf Download (9kB) |
Abstract
Siswa pesantren akan menghabiskan waktu lebih banyak di sekolah dibandingkan siswa yang bersekolah di sekolah umum. Hal ini dapat memengaruhi pandangan dan pengalaman siswa di sekolahnya. Siswa cenderung lebih terlibat dalam pembelajaran dan prestasi jika mereka memiliki pandangan yang positif mengenai kualitas kehidupan sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas kehidupan sekolah dengan motivasi berprestasi siswa SMA Pesantren X. Sekolah yang menjadi subyek penelitian ini adalah pesantren X di Tangerang. Subyek penelitian ini berjumlah 382 orang yang menggunakan teknik non-probability sampling dengan menggunakan kuesioner sebagai alat ukur. Peneliti menggunakan kuesioner kualitas kehidupan sekolah dari teori Ainley dan Bourke yang sudah di adaptasi oleh Torhuta (2018), sedangkan untuk motivasi berprestasi peneliti menggunakan alat ukur dari teori McClelland yang sudah di adaptasi oleh Damyari (2007). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan (r = 0,396 dan nilai p = 0,000 < 0,01) antara kualitas kehidupan sekolah dengan motivasi berprestasi. Hubungan positif ini menunjukkan jika semakin tinggi kualitas kehidupan sekolah siswa, maka semakin tinggi pula motivasi berprestasi siswa. Demikian juga sebaliknya, semakin rendah kualitas kehidupan siswa, semakin rendah pula motivasi berprestasi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi berprestasi siswa, kualitas kehidupan sekolah, siswa SMA, siswa pesantren. |
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Admin Fakultas Psikologi |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 05:22 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 05:22 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12603 |
Actions (login required)
View Item |