Hubungan Self-esteem dan Kreativitas Remaja Pengguna Media Sosial

Defanti Rogabe, Rahelda (2020) Hubungan Self-esteem dan Kreativitas Remaja Pengguna Media Sosial. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
ABSTRACT1239.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Media sosial pada masa sekarang ini sangat dekat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Tidak memandang usia, siapa saja bisa mengakses media sosial serta apa saja bisa dilakukan melalui media sosial misalnya mencari informasi atau membagikan konten. Remaja menurut beberapa survei adalah rentang usia yang paling dekat dengan media sosial. Melalui media sosial, remaja dapat menerima atensi yang secara tidak langsung berhubungan dengan self-esteem. Salah satu yang dapat dilakukan remaja dalam media sosial adalah membagikan konten. Ketika ingin membagikan konten, remaja akan memikirkan sebuah ide baru bagaimana konten yang akan dibagikan. Sehingga aktivitas remaja tersebut akan membutuhkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara self-esteem dan kreativitas remaja pengguna media sosial. Penelitian melibatkan subjek sebanyak 404 orang remaja dengan kisaran usia 12-17 tahun dengan rincian 187 orang remaja laki-laki dan 217 orang remaja perempuan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel berupa simple random sampling dan explanatory. Kriteria subjek harus menggunakan media sosial. Pengolahan data menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil nya didapatkan r= - 0.078 dan p= 0.119. Sehingga hipotesis penelitian yang menyatakan tidak terdapat hubungan self-esteem dan kreativitas remaja pengguna media sosial dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media sosial, remaja, self-esteem, kreativitas
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 17 Jan 2020 05:42
Last Modified: 17 Jan 2020 05:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12604

Actions (login required)

View Item View Item