Hubungan antara Kualitas Kehidupan Sekolah dengan Kebahagiaan pada Remaja

, Felicia Valada, Raharjo (2020) Hubungan antara Kualitas Kehidupan Sekolah dengan Kebahagiaan pada Remaja. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
xi1251.pdf

Download (32kB)

Abstract

Kebahagiaan yang dirasakan oleh siswa merupakan faktor penting dalam kehidupan di sekolah, karena siswa akan mendapatkan support dari teman, guru serta lingkungan di sekolah. Penelitian ini betujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara kualitas kehidupan sekolah dengan kebahagiaan pada remaja dengan menggunakan teori kualitas kehidupan sekolah yang dikemukakan oleh Leonard (2008) serta teori kebahagiaan yang dikemukakan oleh Hills dan Argyle (2002). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-probability sampling dengan teknik pengambilan data purposive sampling. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMAN X Jakarta. Pengambilan data dilakukan pada bulan April 2019 dengan melibatkan 490 subyek berusia 15-18 tahun. Dari hasil analisis data, diperoleh nilai r = 0,307 yang artinya terdapat hubungan positif antara kualitas kehidupan sekolah dengan kebahagiaan pada remaja. Hasil ini menunjukkan jika kualitas kehidupan sekolah tinggi, maka kebahagiaan siswa tinggi. Demikan sebaliknya, jika kualitas kehidupan sekolah rendah, maka kebahagiaan siswa rendah. Selain itu, gambaran data kualitas kehidupan sekolah di SMAN X menunjukkan tinggi dengan diperoleh nilai mean empirik sebesar 2.62. Kemudian untuk gambaran data kebahagiaan di SMAN X menunjukkan tinggi, diperoleh nilai mean empirik sebesar 4.03.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Kehidupan Sekolah, Kebahagiaan, Remaja
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Admin Fakultas Psikologi
Date Deposited: 17 Jan 2020 07:53
Last Modified: 17 Jan 2020 07:53
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12619

Actions (login required)

View Item View Item