Agustina, Debie (2011) Makna Kebersamaan (Kajian Semiotik Iklan Rokok Sampoerna Hijau Versi Teman Sejukan Hati. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
Makna Kebersamaan.pdf - Published Version Download (45kB) | Preview |
Abstract
Penelitian pada iklan Sampoerna Hijau ini didasari oleh ketertarikan penulis pada konsep iklannya yang unik dan kreatif. Seperti produk rokok yang memiliki daya sensitifitas tersendiri, sehingga mempunyai etika khusus dalam beriklan. Untuk mensiasatinya, perancang iklan menampilkan pencitraan tertentu dalam mengidentifikasikan produknya, dengan memainkan sistem tanda yang sengaja dikontruksi. Pada umumnya iklan menggunakan orang terkenal atau selebritis sebagai model iklan, akan tetapi Sampoerna Hijau selalu menampilkan wajah-wajah baru atau bukan orang-orang yang populer. Demikian juga iklan rokok Sampoerna Hijau yang memposisikan produknya ke dalam konteks emosi nilai-nilai sosial kebersamaan. Sehingga peneliti ingin memahami bagaimana pemaknaan nilai-nilai sosial kebersamaan yang dikontruksi dalam iklan tersebut. Untuk mengungkap makna dalam pesan iklan tersebut, penulis menggunakan metode analisis semiotik dari Charles Sanders Pierce menggunakan segitiga pemaknaan (sign, object dan interpretant). Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dan tipe penelitian adalah deskriptif dengan metode analisis semiotik. Sedangkan yang menjadi unit analisis adalah shot-shot yang dianggap relevan dalam iklan rokok Sampoerna Hijau versi Teman Sejukan Hati. Kemudian data intepretasi dengan tujuan mendapatkan pemahaman tentang makna kebersamaan. Hasil analisa, nilai-nilai sosial kebersamaan yang dikontruksi iklan rokok Sampoerna Hijau versi Teman Sejukan Hati merepresentasikan kebersamaan, kebersamaan teman yang memberi harapan, kebersamaan teman yang memberi solusi atas permasalahan yang ada, kebersamaan teman yang memberi ketenangan. Dalam kontruksinya, digambarkan dengan kegiatan atau aktifias sehari-hari yang muaranya pada suatu kepentingan yaitu dapat melakukan kegiatan bersama-sama. Pesan dalam iklan ini mengguratkan pesan moral sebagaimana yang berkembang dalam realitas sosial masyarakat, Perancang iklan melihat hal-hal tersebut sebagai sebuah fenomena sosial yang tidak terlepas dari konteks sosial yang berlaku di masyarakat, sehingga dapat dijadikan daya tarik dalam menarik simpati serta citra positif masyarakat demi meraup keuntungan sebesar-besarnya
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Puskom untar untar |
Date Deposited: | 14 Jun 2017 02:46 |
Last Modified: | 14 Jun 2017 03:52 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/1264 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |