Analisis pengaruh triple bottom line dan enterprise risk management terhadap kinerja perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI /Fenny Arlitha Bororing

Arlitha Bororing, Fenny (2019) Analisis pengaruh triple bottom line dan enterprise risk management terhadap kinerja perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI /Fenny Arlitha Bororing. Universitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep triple bottom line mengimplikasikan bahwa perusahaan harus lebih mengutamakankepentingan stakeholder (semua pihak yang terkena dampak dari kegiatan yang dilakukan perusahaan) dari pada kepentingan shareholder (pemegang saham). Enterprice risk management merupakan pendekatan manajemen resiko yang memungkinkan manajemenuntuk menangani secara efektif ketidak pastian yang terkait dengan resiko dan peluang oerusahaan, serta meningkatkan kapasitas untuk membangun nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah terdapat pengaruh triple bottom line dan enterprice risk management terhadap kinerja perusahaan, dengan menggunakan ukuran perusahaan (size) dan leverage sebagai variabel kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalahseluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2016-2018. Sampel di peroleh dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga memproleh 138 perusahaan sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier berganda dan uji hipotesis yang menggunakan uji-t untuk menguji koefisien regresi dengan tingkat signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa triple bottom line (TBL) dan enterprice risk management (ERM) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan dengan tingkat signifikan masing-masing sebesar 0,000 untuk TBL dan 0,022 untuk ERM sehingga lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Article
Subjects: Tesis > Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 24 Jan 2020 06:08
Last Modified: 24 Jan 2020 06:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/12683

Actions (login required)

View Item View Item