Akibat hukum terhadap pembuatan akta otentik yang dibuat pada masa cuti yang tidak sesuai dengan kehendak klien : Nomor Putusan 1/PTS/Mj.PWN.Prov.DKIJakarta/XI/2017

Hamdani, Stefani Christanti (2019) Akibat hukum terhadap pembuatan akta otentik yang dibuat pada masa cuti yang tidak sesuai dengan kehendak klien : Nomor Putusan 1/PTS/Mj.PWN.Prov.DKIJakarta/XI/2017. Skripsi thesis, Univesitas Tarumanagara.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2. Persetujuan.pdf

Download (382kB)
[img] Text
3. Pengesahan Skripsi.pdf

Download (414kB)
[img] Text
5. Daftar Isi.pdf

Download (14kB)
[img] Text
6. Abstrak.pdf

Download (13kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (21kB)

Abstract

Notaris merupakan suatu profesi yang sangat dibutuhkan dalam bidang hukum. Dalam hal ini, notaris berperan sebagai pejabat umum dalam memberikan jasa hukum kepada masyarakat. Kebutuhan akan notaris dapat bervariasi mulai dari pendirian PT, membuat akta, legalisasi dokumen, waarmerking dan jasa lainnya. Notaris yang sedang cuti dilarang untuk membuat akta otentik. Tetapi pada kenyataannya banyak notaris yang masih tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang telah berlaku tersebut. Bagaimana akibat hukum terhadap akta notaris yang dibaut pada masa cuti dan Bagaimanakah kedudukan noatris yang membuat akta otentik pada masa cuti yang tidak sesuai dengan kehendak klien merupakan masalah yang dibahas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian normatif yang bersifat deskriptif yang bersumber pada data primer dan data sekunder sebagai data pendukung lainnya yang dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Drs. Andika selaku pelapor mendatangi kantor terlapor yang bernama Netty Maria Machdar dengan maksud untuk dibuatkan akta pinjam meminjam dengan jaminan sertifikat akan tetapi oleh ibu Netty dibuatkan surat kuasa menjual sehingga mengakibatkan kerugian. Dalam Surat Keterangan Nomor 04/Ket.CutiMPPN/II/2015 mengatakan bahwa ternyata Notaris Netty Maria Machdar dalam keadaan cuti setalah mengetahui akta-akta tersebut dan sertifikat cuti. Notaris yang membuat akta selama masa cuti terbukti bersalah dan kedudukan akta tersebut menjadi akta di bawah tangan. Pertanggungjawaban yang dapat dilakukan Notaris Netty Maria Machdar diusulkan untuk diberhetikan sementara dari masa jabatannya dan wajib memberikan ganti rugi sesuai dengan kerugian yang diderita oleh klien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Endang Pandamdari, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Akta Otentik, Notaris Cuti, Tanggung Jawab Notaris
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 06 Nov 2020 10:41
Last Modified: 10 Jun 2021 05:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/13164

Actions (login required)

View Item View Item