Analisis pertanggungjawaban pidana bagi Anggota Polri yang melakukan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika berdasarkan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika

Lestari, Sinta Ayu (2019) Analisis pertanggungjawaban pidana bagi Anggota Polri yang melakukan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika berdasarkan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Skripsi thesis, Univesitas Tarumanagara.

[img] Text
1. COVER PDF SKRIPSI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
2.TANDA PERSETUJUAN SKRIPSI SIAP DIUJI.PDF

Download (396kB)
[img] Text
3.TANDA PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (148kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI PDF SKRIPSI.pdf

Download (6kB)
[img] Text
5. ABSTRAK PDF SKRIPSI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA PDF SKRIPSI.pdf

Download (194kB)

Abstract

Di Indonesia masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika terus meningkat, menghawatirkan dan membahayakan kehidupan masyarakat. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika yang menggantikan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1997, telah diatur mengenai larangan penggunaan narkotika yang dilakukan tanpa izin. Peredaran narkotika yang terjadi di Indonesia bertentangan dengan tujuan pembangunan nasional, mewujudkan manusia seutuhnya dan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera, tertib dan damai berdasarkan Pancasila dan UUD NRI Tahun 1945. Pengaturan narkotika berdasarkan UU Narkotika, bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan narkotika serta pemberantasan peredaran gelap narkotika. Dalam kasus penyalahgunaan narkotika terdapat aparat penegak hukum yang menangani salah satunya yaitu polisi. Polisi sebagai pelaksana dan penegak hukum mempunyai tugas memelihara keamanan serta melakukan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana seperti yang telah diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dalam kenyataannya, terdapat kasus dalam Putusan Nomor 1057/Pid.Sus/2018/PN.Jkt.Tim dan Putusan Nomor 906/Pid.Sus/2018/PN.Jkt.Tim. dimana anggota kepolisian melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Bagaimana mekanisme proses hukumnya? dan Bagaimana pertanggungjawaban pidana bagi anggota kepolisian yang melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika? Penulis menggunakan metode hukum yuridis normatif dan menggunakan data wawancara sebagai data penunjang. Hasil penelitian mengungkap bahwa proses hukum bagi anggota kepolisian yang melakukan tindak pidana narkotika sama seperti peradilan bagi masyarakat biasa sesuai dengan KUHAP, perbedaannya jika polisi terdapat pula proses di internal kepolisiannya, terhadap polisi yang melakukan tindak pidana harus dibebani pertimbangan dengan profesinya sebagai penegak hukum dalam hal-hal yang memberatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hery Firmansyah, S.H., M.Hum., MPA
Uncontrolled Keywords: Pemidanaan, Pertanggungjawaban Pidana, Anggota Polri, Penyalahguna Narkotika
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 08 Nov 2020 19:27
Last Modified: 10 Jun 2021 05:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/13175

Actions (login required)

View Item View Item