Analisis prinsip Business Judgment Rule yang tidak memenuhi unsur tindak pidana korupsi : studi kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 41 PK/Pid.sus/2015

Batu,, Andre Lumban (2019) Analisis prinsip Business Judgment Rule yang tidak memenuhi unsur tindak pidana korupsi : studi kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 41 PK/Pid.sus/2015. Skripsi thesis, Univesitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover Depan Skripsi Andre.pdf

Download (69kB)
[img] Text
Tanda Persetujuan.pdf

Download (201kB)
[img] Text
Tanda Pengesahan.pdf

Download (255kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Pelaku bisnis cenderung menggunakan prinsip Business Judgemet Rule sebagai satu alasan pembenar pada saat mereka terkena tuduhan dan dituntut melakukan tindak pidana korupsi, sedangkan Prinsip Business Judgment Rule sesungguhnya bertujuan untuk melindungi direksi atas setiap keputusan bisnis, baik rugi maupun untung, yang merupakan transaksi sebuah perseroan dan memenuhi unsur kehatihatian dan itikad baik untuk kepentinga perseroan. Berdasarkan pada putusan Mahkamah Agung Nomor 41 PK/Pid.sus/2015 yang memutus perkara Direktur Utama Merpati Nusantara Airline Hotasi Nababan dengan putusan melakukan Tindak Pidana Korupsi atas perbuatan sewa-menyewa pesawa Terbang dengan pihak TALG. Dalam prinsip Business Judgment Rule yang terkandung dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang perseroan Terbatas yang mengatur tentang perlindungan terhadap keputusan bisnis yang di ambil oleh direksi, tidak dapat di pidanakan mau itu rugi maupun untuk untung terhadap perusahaan, didasarkan pada kehati-hatian dan itikad baik. masalah yang akan diteliti adalah bagaimana penerpan Business Judgment Rule yang tidak memenuhi unsur tindak pidana korupsi, penulis menganalisa putusan tindak pidana korupsi yang diputus oleh hakim kepada Hotasi Nababan bukan karena perbuatan tindak pidan karena tidak adanya pertanggungjawaban pidana yaitu niatan jahat, yang didasarkan pada prinsip Business Judgment Rule yang tertuang didalam UndangUndang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Firman Wijaya, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Business Jugment Rule, Keputusan Bisnis, Perlindungan Direksi
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 08 Nov 2020 19:30
Last Modified: 10 Jun 2021 05:56
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/13176

Actions (login required)

View Item View Item