Analisis putusan kepailitan Mahkamah Agung Nomor 769 K/Pdt.Sus-Pailit/2016 mengenai pemberesan harta Pailit (Boedel Pailit) / Selly Virginia

Virginia,, Selly (2019) Analisis putusan kepailitan Mahkamah Agung Nomor 769 K/Pdt.Sus-Pailit/2016 mengenai pemberesan harta Pailit (Boedel Pailit) / Selly Virginia. Skripsi thesis, Univesitas Tarumanagara.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan perekonomian di Indonesia pada saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga menimbulkan persaingan yang sangat ketat antar pelaku usaha. Tentu para pelaku usaha membutuhkan dana atau modal untuk mengokohkan posisinya dalam lingkup perekonomian dan persaingan yang ketat di era globalisasi ini. Dana atau modal yang dibutuhkan oleh para pelaku usaha untuk menjalankan usahanya di dapatkan dari fasilitas utang (pinjaman atau kredit) yang diperoleh melalui perorangan maupun lembaga keuangan, yang digunakan untuk menambah modal usahanya baik utang dalam b entuk jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Tulisan ini mengidentifikasi satu permasalahan yaitu Apakah Harta Seseorang/Pribadi yang Tidak Dinyatakan Pailit Dapat Dijadikan Boedel Pailit? (Studi Kasus Putusan Mahkamah Agung Nomor 769 K/Pdt.Sus-Pailit/2016). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah merupakan jenis penel itian hukum deskriptif analitis dan memakai bahan hukum primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak benar adanya kata sepihak dalam gugatan seperti yang dikatakan oleh PT. OCBC NISP, dikarenakan kurator dari PT. Mega Graha Internasional telah memasang pengumuman tentang pemasukan tanah beserta bangunan yang terletak di Meruya ke dalam harta Boedel Pailit, dan surat pernyataan tersebut juga telah ditanda tangani oleh beberapa pihak didalam pengadilan dan kemudian harta seorang atau pribadi yang dimaksud disini adalah merupakan harta Direktur (beserta 2 rekan) yang pada permulaan telah dibuat perjanjian agar dapat menjadikan aset atas nama The Hwie Gwan menjadi jaminan oleh kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 08 Nov 2020 19:38
Last Modified: 08 Nov 2020 19:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/13177

Actions (login required)

View Item View Item