Analisis faktor kesalahan sebagai unsur Dolus dalam tindak pidana merampas nyawa milik orang lain dalam perkara No:328/PID/2017/PT.DKI

Irianto, Koko Joseph (2019) Analisis faktor kesalahan sebagai unsur Dolus dalam tindak pidana merampas nyawa milik orang lain dalam perkara No:328/PID/2017/PT.DKI. Skripsi thesis, Univesitas Tarumanagara.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
3.LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (185kB)
[img] Text
2.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (223kB)
[img] Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
6.ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
12.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

Koko Joseph irianto , (205130115), Fakultas Hukum Universitas tarumanagara, dengan judul skripsi ?Analisis faktor kesalahan sebagai unsur dolus dalam tindak pidana merampas nyawa milik orang lain dalam perkara No:328/PID/2017/PT.DKI?. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Dian Adriawan, S.H,M.H. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaturan hukum tentang tindak pidana pembunuhan berencana oleh sekelompok orang pada Putusan no:328/PID/2017/PT.DKI. Penelitian ini dilaksanakan di Kota jakarta dengan memilih instansi yang terkait dengan perkara ini yakni di Pengadilan tinggi jakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi dokumentasi kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif sehingga mengungkapkan hasil yang diharapkan dan kesimpulan atas permasalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengaturan hukum terhadap tindak pidana pembunuhan telah diatur secara umum dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Dan pembunuhan berencana ada di pasal 340 KUHP 2) Penerapan hukum pidana materiil terhadap pelaku tindak pidana Pembunuhan telah sesuai, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 340 KUHP. Pertimbangan hukum hakim dalam menjatuhkan pidana mati terhadap 2 dan 1 orng penjara seumur hidup terdakwa dari 4 pelaku yang masih hidup sudah tepat. Penjatuhan pidana terhadap terdakwa ini dinilai telah memenuhi rasa keadilan bagi semua pihak, karena dalam hal ini telah dipertimbangkan apa yang menjadi pertimbangan yuridis dan non-yuridis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Dian Adriawan
Uncontrolled Keywords: pembuktian, pembunuhan, pengadilan,hukum pidana, terdakwa.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 09 Nov 2020 10:10
Last Modified: 10 Jun 2021 02:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/13194

Actions (login required)

View Item View Item