PERSPEKTIF AKUNTAN PUBLIK TENTANG KUALITAS LAPORAN KEUANGAN, INSENTIF BAGI MANAJEMEN, NILAI ETIS, DAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENYIKAPI PRAKTEK CREATIVE ACCOUNTING

Tjakrawala, F.X. Kurniawan and Yuni, Metta PERSPEKTIF AKUNTAN PUBLIK TENTANG KUALITAS LAPORAN KEUANGAN, INSENTIF BAGI MANAJEMEN, NILAI ETIS, DAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENYIKAPI PRAKTEK CREATIVE ACCOUNTING. PERSPEKTIF AKUNTAN PUBLIK TENTANG KUALITAS LAPORAN KEUANGAN, INSENTIF BAGI MANAJEMEN, NILAI ETIS, DAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENYIKAPI PRAKTEK CREATIVE ACCOUNTING.

[img] Text
buktipenelitian_10198036_4A155640.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitia ini bertujuan mendapatkan bukti-bukti empiris guna mampu memprediksi hubungan kausal yang terjadi dari konstruk eksogen yaitu kualitas laporan keuangan, persepsi insentif bagi manajemen, nilai-nilai etis, serta pengendalian internal yang mempengaruhi konstruk endogen, sikap akuntan publik atas praktek creative accounting. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui metode survey lapangan. Sampel penelitian diperoleh melalui metode purposive sampling dengan mendistribusikan 200 satuan kuesioner. Kuesioner tersebut dialamatkan kepada subyek penelitian yaitu para responden yang telah menduduki jenjang manajerial pada KAP yang berlokasi di Jakarta, yang terdaftar pada laman IAPI dan direktori OJK Pasar Modal. Penelitian ini menerapkan latent-path modeling untuk menganalisa data dari 70 satuan kuesioner yang memenuhi keabsahan (usable response-rate sebesar 35%). Penelitian ini memuat empat hipotesis yang diuji dengan teknik Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil pengujian hipotesis secara statistik terbuktti mampu memprediksi bahwa konstruk-konstruk eksogen seperti kualitas laporan keuangan, persepsi insentif bagi manajemen, nilai-nilai etis, serta pengendalian internal secara signifikan berpengaruh positif terhadap konstruk endogen, sikap akuntan publik atas praktek creative accounting.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:52
Last Modified: 16 Dec 2020 02:52
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/13451

Actions (login required)

View Item View Item