RUANG BELAJAR MASA DEPAN : SEBUAH TIPOLOGI BARU BANGUNAN PENDIDIKAN

Kwee, Sebastian Michael and Gandha, M. Veronica RUANG BELAJAR MASA DEPAN : SEBUAH TIPOLOGI BARU BANGUNAN PENDIDIKAN. RUANG BELAJAR MASA DEPAN : SEBUAH TIPOLOGI BARU BANGUNAN PENDIDIKAN.

[img] Text
buktipenelitian_10302001_5A083455.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sekolah adalah suatu lembaga pendidikan yang dirancang khusus untuk mendidik siswa/ murid dalam pengawasan pengajar atau guru. Fasilitas sekolah selalu berkembang mengikuti perkembangan jaman dikarenakan adanya perkembangan teknologi serta perubahan perilaku dari penggunanya. Indonesia masih mengalami masalah dalam kondisi ruang kelas yang buruk sekitar 65% kondisi ruang kelas di Indonesia masih mengalami kerusakan, khususnya dalam taraf Sekolah Dasar. Sekolah Dasar di daerah Jakarta pada umumnya masih menggunakan sistem konvensional dimana guru masih mengajar secara satu arah, dan ruang kelas yang menggunakan sistem meja berderet, serta kurangnya ruang- ruang komunal untuk cara belajar yang berbeda. Hal ini menandakan sudah tidak ada relevansi antara sekolah dengan penggunanya, dimana milenial sudah mulai mendominasi dunia pendidikan menjadi pengajar dengan metode yang lebih inovatif, serta murid- murid yang sudah memiliki cara pembelajaran yang berbeda, terutama dengana adanya bentuan teknologi dan tren yang lebih variatif. Program yang diusulkan, yaitu ruang belajar masa depan adalah fasilitas belajar yang sesuai dengan konteks keperluan warga Jakarta dimana generasi milenial dapat menggunakan metode mengajar yang lebih variatif dan fleksibel, yang menyebabkan generasi Z serta seterusnya dapat belajar dengan gaya mereka sendiri. Serta adanya program pendukung seperti ruang kerja bersama, fasilitas olahraga yang dapat mendukung kegiatan milenial yang ada di daerah Cakung, Jakarta Timur dan sekitarnya.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 18 Dec 2020 03:54
Last Modified: 18 Dec 2020 03:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/13628

Actions (login required)

View Item View Item