SEKOLAH DASAR KONTEMPORER DENGAN FLEKSIBILITAS DAN KONEKTIVITAS RUANG SEBAGAI STRATEGI DESAIN

Gandha, M. Veronica and Maeliva, Martha Paramitha SEKOLAH DASAR KONTEMPORER DENGAN FLEKSIBILITAS DAN KONEKTIVITAS RUANG SEBAGAI STRATEGI DESAIN. SEKOLAH DASAR KONTEMPORER DENGAN FLEKSIBILITAS DAN KONEKTIVITAS RUANG SEBAGAI STRATEGI DESAIN.

[img] Text
buktipenelitian_10302001_5A083756.pdf

Download (1MB)

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi telah menjadi bagian dari kehidupan generasi milenial, generasi Z dan Alpha. Dalam lingkungan pendidikan terbaru, makna "mengetahui" telah bergeser dari mampu mengingat dan mengulangi informasi menjadi mampu menemukan dan menggunakannya. Seharusnya di era dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, lingkungan pembelajaran yang terpusat pada siswa lebih bersifat konstruktivis dan fleksibel dan lebih sesuai untuk membangun pengetahuan para siswa. Untuk mempersiapkan siswa agar berhasil dalam perkembangan ekonomi pengetahuan, pembaharuan baru dalam sistem pendidikan dan lingkungan belajarnya diperlukan. Model pembelajaran dari segi kurikulum, kualitas ruang, konfigurasi ruang, dan program tersebut disesuaikan dengan perilaku mengajar guru milenial dan perilaku belajar murid generasi Z dan Alpha sehingga menghasilkan lingkungan belajar yang kolaboratif antara generasi milenial sebagai tenaga didik dan generasi Z dan Alpha sebagai peserta didik. Sekolah kontemporer dengan strategi desain yang memberikan fleksibilitas, konektivitas, kebebasan, ruang untuk interaksi sosial serta pendidikan peserta didiknya. Kurikulum dan program ruang yang mendekatkan pada program pendidikan dasar yang inovatif untuk bermain dan belajar di dalam dan luar ruangan dengan memperhatikan aspek perkembangan fisik, kognitif, emosional dan sosial anak. Sekolah Dasar Kontemporer adalah lembaga pendidikan formal yang bersifat wajib untuk anak usia 7-12 tahun dengan waktu tempuh 6 tahun yang mengintegrasikan metode pendidikan kontemporer dalam perspektif milenial, Z dan Alpha.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 18 Dec 2020 03:59
Last Modified: 18 Dec 2020 03:59
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/13630

Actions (login required)

View Item View Item