OPTIMASI BIAYA PENJADWALAN PENGGANTIAN KOMPONEN SERTA PREVENTIVE MAINTENANCE MENGGUNAKAN MIXED INTEGER NONLINEAR PROGRAMMING DAN SIMULASI MONTE CARLO PADA PT. XYZ

Hugo, Kevin and Doaly, Carla O and Surjasa, Dadang OPTIMASI BIAYA PENJADWALAN PENGGANTIAN KOMPONEN SERTA PREVENTIVE MAINTENANCE MENGGUNAKAN MIXED INTEGER NONLINEAR PROGRAMMING DAN SIMULASI MONTE CARLO PADA PT. XYZ. OPTIMASI BIAYA PENJADWALAN PENGGANTIAN KOMPONEN SERTA PREVENTIVE MAINTENANCE MENGGUNAKAN MIXED INTEGER NONLINEAR PROGRAMMING DAN SIMULASI MONTE CARLO PADA PT. XYZ.

[img] Text
buktipenelitian_10317001_7A231922.pdf

Download (856kB)

Abstract

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, PT.XYZ menerapkan metode preventive maintenance dalam kegiatan produksinya. Namun penggantian beberapa komponen tidak terjadwal secara baik, ditambah dengan faktor keuangan yang kurang dipertimbangkan sehingga pihak management tidak dapat menentukan pengeluaran untuk stock komponen secara pasti, sehingga menyebabkan kegiatan preventive maintenance yang dilakukan kurang optimal. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Mixed Integer Non Linear Programming menggunakan model optimasi Kamran yang akan dibandingkan dengan perhitungan Simulasi Monte Carlo dalam menentukan laju biaya perawatan terendah dan penjadwalan yang optimal pada komponen Bearing. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Model optimasi Kamran ini dapat menghasilkan penjadwalan optimal dengan biaya perawatan minimum sebesar Rp 304.629,00/bulan dengan reliabilitas sebesar 90% dan interval penjadwalan selama 24 bulan.

Item Type: Article
Subjects: Penelitian > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 22 Dec 2020 13:50
Last Modified: 22 Dec 2020 13:50
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/13816

Actions (login required)

View Item View Item